Menu Tutup

4 Tanda Komputer yang Terinfeksi Malware

Di zaman sekarang ini, di mana berselancar di internet merupakan tindakan yang sama universalnya dengan makan makanan, atau mengendarai mobil, sudah lazim menjadi korban berbagai virus komputer yang ada di dunia maya; banyak yang mengiklankan diri mereka sebagai tautan yang terlihat dapat diklik dengan sempurna. Virus PC telah mengembangkan serangkaian strategi ‘perburuan’ yang beragam, agar dapat bertahan hidup di hutan belantara digital.

Tanda Komputer yang Terinfeksi Malware

Oleh karena itu, tidak jarang secara tidak sengaja mengklik tautan jahat, hanya saja komputer Anda terinfeksi malware. Memang, seperti halnya tubuh manusia, sistem komputer juga rentan terhadap sejumlah gejala ketika berada di bawah infeksi virus. Beberapa si Beberapa tanda sehubungan dengan ini tercantum di bawah ini:

Antivirus dimatikan

Taktik umum yang digunakan pencuri saat masuk ke sebuah rumah adalah mematikan alarm rumah korbannya terlebih dahulu. Demikian pula, dalam beberapa virus, suatu fungsi ditulis ke dalam kode yang memungkinkannya untuk secara otomatis menonaktifkan perangkat lunak keamanan yang diinstal ke komputer Anda, sehingga memungkinkan bug untuk bersembunyi di perangkat Anda. Karena metode infiltrasi ini biasa digunakan, pada saat antivirus Anda tidak aktif, Anda harus segera mengambil tindakan, dan menyelidiki apakah itu merupakan tanda bahwa malware telah ‘melanggar gerbang.’

BACA JUGA  Cara Instal Driver Wifi di Windows Xp. 7. 8 dan 10

Pc Crashes

Salah satu gejala yang lebih mencolok bahwa komputer Anda mungkin terinfeksi adalah jika secara teratur mengalami crash. Namun, kesalahan yang mencolok seperti kerusakan komputer tidak selalu merupakan gejala infeksi virus. Bahkan, Anda mungkin belum menginstal driver terbaru. Ini membuat program yang berjalan di komputer Anda tidak kompatibel dengan perangkat keras perangkat Anda. Namun, jika masalah ini bukan penyebab crash, maka virus bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengetahuinya, buka Panel Kontrol Anda, dan cari ‘Peraga Peristiwa,’ (Diakses melalui opsi ‘Sistem dan Keamanan’). Anda kemudian akan melihat opsi folder kecil yang berjudul ‘Windows Log.’ Di sini, ini menampilkan kesempatan di mana komputer Anda mengalami crash menandainya dengan pesan ‘Kesalahan’.

Pop Up yang Mengganggu

Mungkin tanda infeksi yang paling menyebalkan adalah pesan yang tidak diminta muncul entah dari mana. Contoh yang menjengkelkan adalah pesan yang memberitahu Anda ‘Selamat,’ Anda telah memenangkan iPhone Gratis; yang harus Anda lakukan untuk mendapatkannya adalah mengikuti survei … luar biasa. Demikian pula, jika ‘Sarah’ pernah membajak layar desktop Anda, hanya untuk memberi tahu Anda bahwa dia saat ini menghasilkan $ 10.000 sebulan bekerja di rumah, saya tidak akan mengklik tombol ‘Katakan kepadaku’ yang kikuk dengan foto yang buruk dibuang ke program. . Faktanya, saya lebih cenderung untuk memanggil polisi dan memberi tahu mereka bahwa saya sedang dibuntuti oleh orang gila, setelah mengunci pintu depan saya.

BACA JUGA  Cara Membuat Virus Computer dengan NotePad

Namun, karena seharusnya jelas bahwa ‘Sarah’ sebenarnya tidak ada, dan dibuat oleh peretas yang mencoba membuat saya membayar untuk layanan yang tidak perlu, saya lebih cenderung (100% lebih mungkin, sebenarnya), untuk hanya menahan diri dari mengklik di mana saja di halaman pop up.

‘Adware,’ bersembunyi di dalam aplikasi gratis yang dapat diunduh secara luas dari internet. Selama proses instalasi, aplikasi gratis akan memfasilitasi skimming cepat (atau melewatkan) melalui syarat dan ketentuan apa pun. Ini melegitimasi pemasangan malware, berpotensi menghapus peretas dari segala kewajiban hukum. Setelah dengan cepat mengeklik ‘Selanjutnya’ ke langkah-langkah ini, Anda mungkin tanpa sadar telah setuju untuk menggunakan browser yang terinfeksi sebagai browser default Anda, misalnya. Karena itu, penting untuk curiga terhadap apa pun yang diunduh secara gratis. Dan jika perangkat Anda terinfeksi adware, ada banyak perangkat lunak Antivirus di luar sana untuk menghapusnya, karena infeksi jenis ini relatif mudah dihapus.

BACA JUGA  X Attacker Tool Website Vulnerability Scanner & Auto Exploiter

Komputer Lambat

Mungkin gejala yang paling umum adalah gejala Komputer Lambat. Perhatikan bahwa mungkin ada banyak alasan mengapa kecepatan keseluruhan komputer Anda melambat. Mungkin Anda mengisi hard drive Anda dengan terlalu banyak data; kurangnya ruang adalah penyumbang besar dalam menyeret kecepatan komputer Anda melalui lumpur. Juga, Random Access Memory, (lebih dikenal sebagai RAM) secara khusus menghubungkan kecepatan dan kinerja perangkat Anda. Untuk memeriksa apakah Anda kehabisan RAM, buka task manager dengan menekan Ctrl, Shift dan Esc. Lalu, buka bagian tab kinerja dan lihat pada layar Memori. Ini menunjukkan tingkat penggunaan RAM. Memang, jika masalah seperti itu bukan penyebab kelesuan komputer Anda, Anda mungkin memiliki bug yang merangkak di dalamnya.

Tinggalkan Balasan