Menu Tutup

4 Cara Root HP Android Terbaru 2020

Disini kita akan membahas cara root hp Android untuk mendapatkan akses root smartphon android kamu.

Root merupakan proses yang memberikan izin kepada pengguna android seperti smartphone, tablet atau bahkan smart tv yang awalnya terbatas. Dengan akses root kita bisa mengakses atupun mengubah apa yang ada di dalam sistem. Selain itu, ada juga aplikasi yang membutuhkan akses root untuk mengakses sistem.

Cara Root Hp Android

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk root hp khususnya android, cara yang paling mudah salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi root seperti KingRoot dan KingoRoot dari KingoApp. Jika proses root ini berhasil maka anda bisa melakukan akses apapun di hp android dengan beberapa proses.

Jangan bingung jika ingin melakukan root hp android, karena sekarang anda juga bisa belajar hanya dengan mencari di internet. Berikut ini beberapa cara root HP android dengan mudah:

1. Cara Root HP Android Menggunakan FrameRoot

Root android menggunakan aplikasi frameroot bisa dilakukan dengan mudah, inilah caranya:

  • Pertama yang harus teman-teman lakukan adalah mendownload atau mengunduh aplikasi frameroot.
  • Setelah di download buka aplikasinya dan instal supersuer sesuai dengan yang teman-teman inginkan.
  • Kemudian akan muncul pilihan dua nama karakter film loard of the rings yaitu Aragorn dan Gandalf. Keudanya sebenarnya hampir sama, teman-teman bisa memilih salah satu saja.
  • Setelah anda memilih nama karakternya proses root akan langsung berjalan, tunggu sampai proses tersebut selesai. Kemudian jika sudah ada pemberitahuan berarti proses root sudah berhasil.
  • Jangan lupa untuk restrat handphone androidnya dan pastikan aplikasi supersuer sudah muncul di daftar aplikasi.

2. Root HP Android Menggunakan RootGenius

Root HP android menggunakan aplikasi yang kedua ini dengan yang pertama sebenarnya hampir tidak jauh berbeda. Jika teman-teman ingin menggunakan cara ini, yuk simak berikut.

  • Hal yang pertama teman-teman lakukan sama dengan cara yang pertma yaitu mengunduh aplikasinya, bedanya kali ini anda harus mengunduh aplikasi rootgenius.
  • Setelah itu buka aplikasi rootgenius dan klik gambar yang berbentuk lingkaran.
  • Kemudian akan muncul sebuah kotak yang isinya memerintahkan bahwa anda akan menginstal aplikasi ini, lakukan sesuai dengan apa yang diminta.
  • Lalu akan muncul icon jempol dan teman-teman harus mengubah raja penggunanya, setelah itu proses root akan selesai.
BACA JUGA  Cara Mendapat Diamond Free Fire Gratis Yang Mudah Kamu Lakukan

3. Root HP Android Menggunakan KingRoot

Jika teman-teman mengingnkan aplikasi lain, cara yang ketiga ini bisa digunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi KingRoot. Sudah banyak yang menggunakan aplikasi ini untuk root HP android.

  • Cara yang pertama yaitu teman-teman harus menginstal atau mengunduh aplikasi KingRoot terlebih dahulu.
  • Setelah itu, teman-teman klik tombol cek yang ada di aplikasi KingRoot dan akan dilakukan proses pengecekan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah eksekusinya root bisa dijalankan atau tidak.
  • Jika proses tersebut selesai maka secara otomatis HP Android anda langsung di root oleh aplikasi KingRoot.

4. Root HP Android Menggunakan Aplikasi Vroot, TawlRoot, Iroot

Aplikasi Vroot, TawlRoot, Iroot masih terbilang sebagai aplikasi root android yang baru. Cara yang dilakukanpun hampir sama dengan cara yang dilakukan pada ketiga cara sebelumnya yaitu dengan download aplikasinya kemdian ikui langkah-langkahnya sampai dengan selesai.

Berikut merupakan 4 cara bagaimana root hp android menggunakan aplikasi yang sudah ada di play store. Ada juga cara yang lain dan banyak digunakan juga yaitu dengan menggunakan PC.

BACA JUGA  Tips Untuk Membuat Iklan Pop Up Tanpa Mengganggu Viewer Anda

Yah, cara lain root hp adalah menggunakan PC. Apakah anda tertarik untuk menggunakan cara root hp android menggunakan PC ? yuk, simak berikut ini caranya.

Langkah awal yang harus teman-teman lakukan adalah mengaktifkan fitur USB Debugging terlebih dahulu. Fitur Usb debugging adalah sebagai jembatan penghubung antara PC dengan android.

Ada juga cara lain yaitu dengan pilih ke menu settings kemudian klik opsi about phone. Tap pilihan build number sampai muncul “you are now a developer”.

Kemudian kembali lagi ke menu settings dan masuk ke meu yang tadi lalu aktifkan debugging. Yang terakhir anda harus mengaktifkan pengaturan unknown source.

Setelah langkah tersebut selesai anda harus mengikuti langkah-langkahnya sampai dengan proses root selesai. Ada yang perlu anda perhatikan pada saat root menggunakan hp android untuk meminimalisir kegagalan yaitu: pastikan batre Hp anda penuh dan gunakan kabel USB yang baik.

Kesimpulan

Sistem operasi android menggunakan basic linuxyang memiliki sifat open source. Open source sendiri merupakan kebebasan bagi pengguna android untuk melakukan modifikasi terhadap sistem yang ada di dalam android. Dengan modifikasi tersebut memungkinkan anda dapat melakukan hal apapun yang teman-teman mau pada sistem android.

Kelebihan Root Hp Android

Adapun kelebihan dan kekurangan dari root hp android yaitu yang pertama kelebihannya adalah dapat meningkatkan performa dengan cara meng-ovrlock kecepatan prosesor hingga maksimal dan juga dapat menghindari wakelock yang membuat aplikasi berjalan dan membuat batre handphne cepat habis.

Kelebihan lainnya adalah pada backup dan restore android, pada saat anda me-reset android anda tidak perlu mengembalikan aplikasi handphone anda. Selain itu juga dapat mempengaruhi kinerja memori internal dan RAM karena sistem tersebut secara otomatis terkunci.

BACA JUGA  Cara Mengetahui Apakah Seseorng Telah Memblokir Kita di WhatsApp

Kekurangan Root Hp Android

Kekurangannya sendiri adalah tidak adanya garansi dari aplikasi yang digunakan untuk root karena dapat merusak perangkat handphone. Keamanan handphone semakin beresiko karena memungkinkan masuknya virus dan malware yang berbahaya karena adanya sistem operasi baru yang tidak di update.

Kekurangan lainnya adalah terlambat mendapatkan pemberitahuan hal ini dikarenakan android tidak bisa update sistem secara OTA. Kemudian bagi anda pemula mungkin akan beresiko tinggi karena banyak proses yang akan dilakukan pada malfungsi smartphone android.

Terkadang muncul pertanyaan bagaimana kita mengetahui kalau HP android kita sudah pernah di Root atau belum ? biasanya kan setelah anda melakukan cara-cara di atas anda harus meyakinkan kalau proses rootnya berhasil.

Caranya mudah yaitu menggunakan aplikasi Root Checker, tentunya anda harus mendownload aplikasi tersebut. Kemudian jika sudah di download buka aplikasinya dan tekan tap verify root. Jika hp android anda sudah di root maka akn muncul pemberitahuan

“congratulation! Root access is properly installed on this device!”

Namun, jika hp anda belum berhasil di root akan muncul tulisan berwarna merah yaitu “sorry!root access is not properly installed on this device.”

Nah, berikut merupakan cara root hp android menggunakan aplikasi dan juga menggunakan PC. Selain itu juga dijelaskan kelebihan dan kelemahan dari root hp sampai dengan tindakan yang harus diperhatikan agar root hp berjalan dengan lancar.

Sekian, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam melakukan root android dan mudah untuk dilakukannya. Manfaatkanlah teknologi yang semakin canggih ini untuk mempermudah segala aktivitasmu. Jangan lupa tunggu artikel-artikel berikutnya ya. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan