Pengertian Perundungan Menurut Para Ahli

Pendahuluan

Halo selamat datang di indoxploit.id. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang pengertian perundungan menurut para ahli. Perundungan atau bullying adalah sebuah bentuk perilaku negatif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menyakiti, mengintimidasi, atau menghina orang lain secara fisik, verbal, atau melalui media sosial. Dalam beberapa tahun terakhir, perundungan telah menjadi masalah yang serius di banyak negara, terutama di kalangan anak-anak dan remaja di sekolah atau di lingkungan sosial mereka.

Perundungan dapat menyebabkan efek jangka panjang yang merugikan bagi korban, seperti masalah kesehatan mental, rendahnya harga diri, dan kesulitan dalam hubungan sosial. Oleh karena itu, penting untuk memahami dengan baik apa itu perundungan dan bagaimana mengatasi masalah ini secara efektif. Berikut ini adalah pengertian perundungan menurut para ahli:

1. Dr. Dan Olweus

Dr. Dan Olweus, seorang psikolog asal Norwegia, mendefinisikan perundungan sebagai tindakan agresif yang dilakukan secara terus-menerus oleh satu atau beberapa individu untuk menyakiti orang lain yang lebih lemah secara fisik atau emosional.

2. Dr. Dorothy L. Espelage

Menurut Dr. Dorothy L. Espelage, seorang profesor di bidang pendidikan di University of Florida, perundungan adalah bentuk perilaku agresif yang dilakukan oleh seorang individu atau kelompok untuk menyakiti, mengintimidasi, atau mengancam orang lain.

3. Dr. Tony Volk

Dr. Tony Volk, seorang profesor di bidang psikologi di University of Manitoba, mendefinisikan perundungan sebagai tindakan aggressi yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan tujuan untuk menyakiti, mengintimidasi, atau merendahkan orang lain.

4. Dr. Susan P. Limber

Sesuai dengan Dr. Susan P. Limber, seorang profesor di bidang pembangunan manusia dan keluarga di Clemson University, perundungan adalah tindakan agresif yang diarahkan pada seseorang yang memiliki kekuatan atau sumber daya yang lebih sedikit.

5. Dr. Christina Salmivalli

Menurut Dr. Christina Salmivalli, seorang profesor di bidang psikologi di University of Turku, perundungan adalah tindakan agresif yang ditujukan kepada individu yang rentan dan tidak dapat mempertahankan diri.

6. Dr. Jaana Juvonen

Dr. Jaana Juvonen, seorang profesor di bidang psikologis di University of California, Los Angeles, mendefinisikan perundungan sebagai perilaku agresif yang terus-menerus dilakukan oleh individu atau kelompok untuk menyakiti, mengintimidasi, atau menyebabkan ketidaknyamanan pada orang lain.

7. Dr. Martha Peaslee Levine

Menurut Dr. Martha Peaslee Levine, seorang profesor di bidang antropologi di University of Missouri, perundungan adalah tindakan agresif yang dilakukan oleh individu atau kelompok dengan menggunakan kekuatan fisik, kata-kata kasar, atau pengasingan untuk menyakiti orang lain.

Kelebihan dan Kekurangan Pengertian Perundungan Menurut Para Ahli

Ahli Kelebihan Kekurangan Dr. Dan Olweus Mendefinisikan perundungan secara jelas dan spesifik Mungkin tidak memasukkan aspek psikologis korban Dr. Dorothy L. Espelage Mengambil pendekatan yang komprehensif dalam mendefinisikan perundungan Mungkin terlalu umum dan kurang spesifik Dr. Tony Volk Menekankan aspek tujuan dari perundungan Mungkin kurang memerhatikan faktor kekuatan atau sumber daya Dr. Susan P. Limber Menekankan peran kekuatan atau sumber daya dalam perundungan Mungkin tidak memasukkan aspek psikologis korban Dr. Christina Salmivalli Mengingatkan pentingnya melindungi individu rentan dari perundungan Mungkin kurang spesifik dalam menentukan jenis tindakan agresif Dr. Jaana Juvonen Menggarisbawahi peran ketidaknyamanan dalam perundungan Mungkin tidak memasukkan aspek psikologis korban Dr. Martha Peaslee Levine Menekankan penggunaan kekuatan fisik, kata-kata kasar, dan pengasingan dalam perundungan Mungkin kurang mempertimbangkan aspek verbal dan non-fisik lainnya

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa yang menyebabkan perundungan?

Perundungan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti keinginan untuk mendominasi dan merasa kuat, rendahnya empati atau pengertian terhadap perasaan orang lain, atau faktor lingkungan seperti lingkungan sekolah yang tidak kondusif.

2. Bagaimana tahu jika seseorang mengalami perundungan?

Tanda-tanda bahwa seseorang mungkin mengalami perundungan termasuk perubahan perilaku yang drastis, sering merasa takut atau cemas, penurunan prestasi akademik, bersembunyi atau menghindari orang-orang tertentu, atau cedera fisik yang tidak dapat dijelaskan.

3. Apa yang harus dilakukan jika menjadi korban perundungan?

Jika Anda menjadi korban perundungan, penting untuk segera mencari bantuan dari orang dewasa yang dipercaya, seperti guru, orang tua, atau konselor sekolah. Berbicaralah tentang apa yang terjadi dan mintalah dukungan.

4. Bagaimana menghentikan perundungan?

Untuk menghentikan perundungan, diperlukan pendekatan yang komprehensif. Sekolah dan masyarakat perlu mempromosikan budaya yang menghargai perbedaan, mengajarkan empati dan toleransi, serta melibatkan siswa, guru, dan orang tua dalam program anti-perundungan.

5. Apakah ada hukuman hukum untuk pelaku perundungan?

Di beberapa negara, tindakan perundungan dapat dikenai sanksi hukum, terutama jika berujung pada kekerasan fisik atau merusak reputasi seseorang. Namun, sanksi hukum mungkin bervariasi tergantung pada yurisdiksi dan kasusnya.

6. Apa yang dapat dilakukan untuk mencegah perundungan?

Untuk mencegah perundungan, penting untuk membangun kesadaran dan pemahaman yang lebih baik tentang masalah ini melalui educasi di sekolah dan melibatkan semua pihak terkait, serta memberikan sumber daya yang memadai bagi korban.

7. Bagaimana peran orang tua dalam melawan perundungan?

Orang tua memiliki peran penting dalam melawan perundungan dengan mendidik anak-anak mereka tentang pentingnya menghormati orang lain, mengajarkan empati dan toleransi, serta membangun komunikasi terbuka dan penuh kasih sayang dalam keluarga.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas pengertian perundungan menurut para ahli. Perundungan adalah sebuah bentuk perilaku negatif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menyakiti, mengintimidasi, atau menghina orang lain secara fisik, verbal, atau melalui media sosial. Ahli-ahli psikologi dan pendidikan telah mendefinisikan perundungan dengan cara yang berbeda, tetapi semuanya secara umum menekankan pada tindakan agresif yang ditujukan pada individu yang lebih lemah atau rentan.

Tidak ada satu definisi tunggal yang sempurna untuk perundungan, tetapi pemahaman yang lebih baik tentang masalah ini dapat membantu dalam upaya mencegah dan mengatasi perundungan. Melalui pendekatan yang komprehensif dan melibatkan semua pihak terkait, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan menghormati di sekolah dan masyarakat, di mana perundungan tidak diperbolehkan dan korban dapat mendapatkan perlindungan serta dukungan yang mereka butuhkan.

Kata Penutup

Artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengertian perundungan, serta pentingnya mengatasi masalah ini. Perundungan adalah masalah serius yang dapat berdampak negatif pada kesehatan dan kesejahteraan korban. Oleh karena itu, marilah kita semua bergandengan tangan untuk melawan perundungan dan menciptakan lingkungan yang aman dan ramah di mana setiap individu dihormati dan dihargai. Bersama, kita dapat merubah dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk semua orang.