Menu Tutup

Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Konek Di Android

Saat ini jaringan internet telah menjadi salah satu kebutuhan yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat modern. Cara melihat password wifi yang sudah konek di Android mempunyai arti yang sangat penting. Hal ini dikarenakan hadirnya internet bisa membuat semua orang saling terhubung kapanpun dan dimanapun mereka berada. Bahkan, teknologi yang memiliki manfaat ini dapat diakses ke berbagai macam perangkat, tak terkecuali smartphone Android.

Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Konek Di Android

Pada umumnya, guna memperoleh internet yang cepat di suatu lokasi, pemakai smartphone Android disarankan untuk selalu terhubung melalui jaringan wifi atau wireless fidelity.

Sering teman atau rekan kerja yang menanyakan informasi tentang cara akses wifi di daerah yang sedang didatangi. Akan tetapi, pasti anda juga terkadang lupa apa password yang diperlukan agar dapat terhubung ke jaringan wifi tersebut.

Pada umumnya, pada smartphone Android agak sulit untuk memperoleh informasi tentang kode password wifi yang telah terhubung pada smartphone. Hal ini berguna agar jaringan anda tetap aman ketika smartphone dibobol dengan tidak sadar. Meskipun demikian, masih terdapat cara yang dapat dicoba untuk mengetahui kode password wifi yang telah terhubung pada smartphone Android.

Wifi sendiri adalah tipe yang memang sering digunakan saat ini. Anda bahkan dapat menemukan di tempat-tempat umum. Dimana dengan kecepatan terhubung rata-rata paling lambat sekitar 10 mbps.

Tak jarang yang berpendapat, jika password wifi sudah tidak ingat, maka tidak dapat balik lagi. Namun, pemikiran seperti itu sepenuhnya salah. Di smartphone Android, terdapat banyak fitur rahasia yang jarang sekali diketahui. Termasuk dengan adanya aplikasi-aplikasi yang selalu berkembang setiap saat. Hal ini diperlukan agar semakin menjadi canggih kegunaannya. Untuk itu, cara melihat password wifi yang sudah konek di Android bukanlah hal yang susah dilakukan sekarang.

Langkah dan Cara Melihat Password Wifi Yang Sudah Koneksi Di Android

Cara yang dipakai dalam melihat password wifi yang sudah terhubung ada beberapa langkah, mulai dari tanpa aplikasi hingga menggunakan aplikasi. Langkah tersebut dapat dipelajari melalui penjelasan di bawah ini.

1. Tanpa Root dan Tanpa Aplikasi

Yang pertama, jika akses wifi anda diperoleh dari router, maka anda dapat mencoba memakai halaman admin.

Kegunaan halaman admin tersebut banyak sekali. Kebanyakan berguna untuk mengatur setting atau pengaturan pada wifi. Bahkan juga dapat terlihat apa saja pesan SMS yang masuk. Hal ini berlaku di beberapa modem wifi.

Salah satu fitur yang terdapat disana adalah kita dapat memperoleh informasi password wifi yang sekarang ini sedang dipakai. Untuk bagaimana caranya, ikuti beberapa langkah tanpa menggunakan aplikasi di bawah ini .

BACA JUGA  Cara Memperbaiki HP Yang Mentok Di Logo Bootloop

Langkah pertama, anda dapat langsung menyalakan router atau MIFI. Kemudian sambungkan ke wifi seperti pada smartphone biasa. Selanjutnya, bukalah aplikasi Browser. Lalu bukalah halaman 192.168.1.1.

Setelah itu, cari kolom yang berguna mengatur password. Letak kolom ini berbeda-beda tiap smartphone, namun pada umumnya terdapat di sekitar pengaturan SSID. Kemudian jika sudah menemukannya, anda dapat langsung melihat atau mengganti password wifi lewat kolom yang sudah disediakan.

Perlu untuk diketahui, alamat yang diberikan tadi juga berbeda-beda tergantung dengan router yang digunakan.

Jika menggunakan halaman atau alamat tersebut tidak bisa, maka anda dapat menggunakan pilihan alamat lain. Misalnya 192.168.0.1 atau 192.168.2.1.

Apabila alamat tersebut diatas tidak juga dapat digunakan, maka cek dahulu modem atau router yang anda gunakan. Di router tersebut biasanya sudah ada alamat admin yang tertera.

2. Dengan Aplikasi Wifi Router Settings (Tanpa Root)

Persis dengan metode atau langkah yang pertama tadi, aplikasi ini dapat memungkinkan pemakainya mengetahui password wifi. Bahkan sampai bisa mengatur setelan di router wifi.
Menggunakan aplikasi ini, anda dapat lebih praktis untuk membuka pengaturan pada router wifi. Kelebihannya bahkan anda dapat melakukannya tanpa melewati browser atau halaman admin seperti metode sebelumnya. Langkah yang digunakan dapat dipelajari seperti di bawah ini.

Pertama-tama, anda wajib menginstal atau mengunduh terlebih dahulu aplikasi Wifi Router Settings. Setelah itu, anda dapat langsung membuka aplikasi tersebut.

Kemudian sambungkan Wifi pada router. Setelah tersambung, anda dapat langsung membuka menu Router Setting. Anda dapat mengetahui password yang anda butuhkan di sana.

Aplikasi Wifi Router Setting ini mendukung banyak sekali router. Aplikasi ini sudah didownload oleh lebih dari satu juta pengguna selama tahun 2019. Lalu, berasal dari developer Leon Zhang yang memiliki ukuran 2MB.

3. Dengan ES File Explorer (Tanpa Root dan Root)

Langkah yang dapat dipelajari dari cara melihat password wifi yang sudah konek di Android selanjutnya adalah sebagai berikut.

Hal yang pertama harus anda lakukan adalah menyimpan password wifi di Android dahulu. Caranya yaitu anda harus memasukkan dahulu password wifi. Lalu sambungkan wifi tersebut. Setelah tersambung, maka password tersebut akan tersimpan di direktori smartphone atau Android anda.

Selanjutnya, hanya dengan membuka direktori di Android, anda dapat melihat atau mengetahui password wifi. Mudah sekali mengetahui password yang sudah terhubung dengan Android menggunakan cara kerja tersebut di atas.

Kemudian langkah untuk mengetahui password yang sudah terhubung ke Android selanjutnya adalah menggunakan aplikasi ES File Explorer.

Dengan aplikasi ini, anda dapat melihat secara keseluruhan password wifi, baik yang berasal dari hotspot luar, kawan, ataupun dari yang lainnya. Langkah yang dapat anda lakukan adalah instal atau unduh terlebih dahulu aplikasi ES File Explorer.

BACA JUGA  Cara Mining Bitcoin dan Monero Tanpa Menambang

Setelah terunduh, langsung saja anda dapat membukanya. Selanjutnya, anda dapat pergi atau menelusuri kategori Sistem. Kemudian carilah folder: Data/Wifi?Misc. Lalu cari juga file WPA_Supplicant.conf atau anda dapat langsung search WPA_Supplicant.conf.

Panduan yang ketiga adalah membuka file yang telah didapatkan tadi menggunakan mode Text Viewer atau HTML Viewer. Hal tersebut sudah tersedia di ES File Explorer. Ini bertujuan untuk mengetahui jaringan SSID dan juga passwordnya.

Selanjutnya, anda dapat melihat semua password yang pernah terhubung di smartphone Android yang anda pakai. Lalu anda dapat menyimpan dengan cara melakukan screenshoot apabila tak ingin repot membuka lagi file tersebut.

Untuk cara-caranya, sebenarnya dapat dilakukan pada smartphone yang non-root. Namun, jika pada direktorinya tidak dapat dibuka, maka anda tetap harus root terlebih dahulu.

Sekedar sebagai informasi, aplikasi ES File Explorer ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pemakai. Aplikasi besutan developer ES Global ini mempunyai ukuran 15 MB.

4. Menggunakan ADB Command

Cara melihat password wifi yang sudah konek di Android selanjutnya adalah dengan memakai ADB Command, yaitu mengambil file WPA_Supplicant.Conf. Sama seperti cara yang sudah dijelaskan pada metode sebelumnya.

Dengan metode ADB Command ini, anda tak perlu melakukan root. Sedang yang digunakan hanyalah kabel data, smartphone, dan juga laptop yang sudah terunduh ADB Driver. Panduan-panduannya dapat diikuti seperti di bawah ini.

Panduan yang pertama adalah anda cukup pergi ke Setelan atau Pengaturan smartphone anda. Lalu pilih menu Tentang Ponsel. Klik tombol opsi Nomor Bentukan beberapa kali hingga keluar pesan “Selamat, anda sudah menjadi seorang pengembang”.

Langkah selanjutnya adalah kembali ke Pengaturan atau Setelan. Lalu masuk ke dalam menu Opsi Pengembang. Setelah itu, anda dapat mengaktifkan opsi USB Debugging.

Cara yang ketiga ialah menuju langkah utama. Anda dapat menginstal atau mengunduh terlebih dahulu ADB pada laptop anda. Jika sudah terunduh, klik tombol Shift + klik kanan pada mouse di halaman folder yang kosong. Kemudian pilihlah Open Command Windows Here.

Langkah setelahnya yaitu menyambungkan smartphone ke laptop. Anda harus memastikan terlebih dahulu telah terbaca di jendela ADB. Kemudian masukkan perintah ADB Device guna mengecek.

Selanjutnya, cara melihat password wifi yang sudah konek di Android adalah menekan perintah ADB pull/data/misc/wifi/wpa_supplicant.conf. Kemudian tekan Enter. Langkah terakhir yaitu mencari pada folder ADB file WPA_Supplicant.Conf. Lalu klik kanan file tersebut, kemudian pilihlah Open with dan pilih Notepad. Maka password wifi sudah dapat terlihat disana.

5. Dengan Memakai Barcode

Beberapa merk smartphone sekarang ini telah menyediakan pilihan guna mengetahui barcode pada menu wifinya. Dimana barcode tersebut memiliki isi informasi-informasi mengenai wifi di dalamnya.

BACA JUGA  Cara Membuat Backdoor menggunakan EasySploit

Jika anda belum tahu mengenai cara melihat wifi menggunakan barcode, maka anda wajib memenuhi syaratnya. yaitu menggunakan dua buah smartphone. Smartphone pertama dipakai untuk men-scan, sedangkan smartphone yang kedua untuk tetap menyambungkan Wifi. Berikut adalah cara melihat password wifi yang sudah konek di Android.

Langkah yang dilakukan pertama adalah mengunduh aplikasi barcode Scanner melalui Playstore di smartphone pertama. Setelah itu, buka aplikasi yang sudah terunduh.

Kemudian, melalui smartphone kedua, masuk pada menu Wifi, lalu pilih menu Barcode. arahkan scanner smartphone pertama ke barcode tersebut. Selanjutnya akan keluar informasi dari wifi, biasanya akan muncul juga kode sandi.

Langkah ini sungguh sangat menarik jika melihat pada hasil yang diperoleh. Pastinya juga dapat dilakukan melalui smartphone apapun, bahkan juga untuk smartphone yang tanpa root. Namun, syarat yang sudah dijelaskan tadi harus terpenuhi.

6. Dengan Wifi Password Recovery

Aplikasi ini termasuk aplikasi yang berukuran kecil, yaitu sekitar 3 MB saja. Cara memakainya pun mudah sekali.

Caranya yang pertama, anda wajib mengunduh atau mengintal aplikasi Wifi Password Recovery terlebih dahulu. Dapat dari Playstore maupun Appstore.

Setelah terunduh, anda dapat langsung membukanya. Jika terdapat pemberitahuan atau notifikasi root, maka anda harus memberi akses terhadapnya. Kemudian akan muncul list wifi yang sudah tersimpan. Apabila sudah, anda dapat memilih salah satu wifi yang telah tersimpan untuk mengetahui passwordnya. Aplikasi ini pun sudah terunduh lebih dari satu juta pemakai internet.

7. Melihat Dengan Wifi Password

Aplikasi yang memiliki fungsi sama dengan Wifi Password Recovery ini berguna untuk melihat password wifi. Wifi Password juga menyediakan fungsi guna mengecek keamanan dari wifi itu sendiri.

Cara melihat password wifi yang sudah konek di Android ini pun cukup mudah, yaitu instal atau unduh terlebih dahulu aplikasi Wifi Password. Setelah itu, buka aplikasi tersebut. Beri akses root. Apabila keluar notifikasi permintaan, maka anda tinggal klik Grand/izinkan.

Selanjutnya pilihlah wifi yang tersimpan untuk anda lihat. Jadi, passwordnya dapat anda ketahui di sana. Aplikasi ini juga mendukung berbagai bahasa selain dari bahasa Inggris, termasuk juga bahasa Indonesia. Maka, anda tak perlu khawatir bingung jika tidak mengerti tentang bahasa Inggris. Aplikasi yang sudah didownload lebih dari 10 juta pengguna ini memiliki ukuran 7 MB.

Masih banyak lagi beberapa metode atau cara melihat password wifi yang sudah konek di Android yang dapat anda gunakan. Anda tentu dapat menentukan sendiri metode mana yang cocok atau sesuai dengan anda maupun smartphone anda.

Tinggalkan Balasan