Menu Tutup

4 Metode Umum Cybercrime Yang Harus Anda Ketahui

Perkembangan teknologi internet telah membuka jalan bagi ancaman paralel yang menyebar di dunia online: Cybercrime. Metode kriminalitas seperti itu umumnya berkaitan dengan masalah privasi, dan penyebaran informasi palsu. Ini dapat dicapai melalui peretasan, yang biasanya bertujuan mencuri informasi rahasia pengguna, seperti kata sandi dan informasi sensitif lainnya, atau untuk secara jahat mempromosikan iklan yang menyesatkan. Pelaku kejahatan dunia maya umumnya dikenal sebagai peretas. Namun perlu dicatat bahwa kejahatan dunia maya bukanlah ‘jenis’ kejahatan tertentu; itu adalah konsep yang mencakup berbagai perilaku kriminal, dan metode eksekusi. Artikel ini akan membahas beberapa metode yang lebih umum digunakan.

Malware

Malware adalah moniker singkat dari ‘Perangkat Lunak Berbahaya’, dan dianggap sebagai jenis virus komputer yang dapat membobol dan merusak perangkat lunak di komputer seseorang. Secara keseluruhan, Malware terdiri dari semua jenis perangkat lunak yang berupaya merusak sistem, mencuri data, atau terlibat dalam iklan yang tidak etis. Ada berbagai macam malware yang saat ini beredar. Beberapa di antaranya termasuk Worms, Trojan Horses, Ransomware, Adware dan banyak lagi. Secara tradisional, jenis peretasan ini diperbaiki melalui program anti-virus.

BACA JUGA  X Attacker Tool Website Vulnerability Scanner & Auto Exploiter

Spamming

Spamming adalah tindakan mengirim pesan yang tidak diminta melalui internet atau sarana elektronik lainnya. Pesan-pesan ini biasanya datang dalam bentuk iklan, dan, jika dilakukan melalui Email, ‘Spam,’ seperti yang biasa dikenal, biasanya secara otomatis dimasukkan ke dalam folder Spam oleh sistem Email. Spammer dikenal sering mengirim email yang sama atau serupa ke korban mereka beberapa kali, dan biasanya dalam jangka waktu yang lama. Ada berbagai jenis pesan Spam. Mereka biasanya datang dalam penampilan Hadiah atau hadiah lotere dengan nama korban yang diposting di email.

Defacing

Jenis serangan dunia maya ini bekerja dengan mengubah visual dari halaman web situs. Mengubah tampilan situs dapat dilakukan melalui karya ‘cracker sistem’, sejenis peretas yang membobol server web dan mengganti situs web host dengan salah satu dari mereka. Efek dari merusak situs web biasanya mencakup seluruh halaman web. Selanjutnya, ada beberapa contoh pengrusakan yang terjadi di situs pemerintah. Untungnya, efek dari hack jenis ini dapat diperbaiki dengan cepat.

BACA JUGA  Hacktronian - All In One Hacking Tool untuk Linux & Android

Phishing

Phishing berupaya menipu pengguna internet dengan menipu mereka agar memberikan informasi sensitif kepada peretas. Jenis kejahatan ini sangat menipu, dan, pada skala yang lebih serius, diarahkan pada pengguna perbankan elektronik. Biasanya, peretasan phishing menghubungi seseorang melalui email, telepon, atau pesan teks, mengklaim sebagai organisasi otentik atau orang dengan kredensial yang sah. Melalui cara-cara ini, mereka kemudian dapat secara potensial meyakinkan korban mereka untuk memberikan informasi sensitif mereka dengan mengetikkannya ke antarmuka login palsu, jika dilakukan secara online, atau dengan membuat korban mereka membocorkan informasi tersebut melalui telepon.

Tinggalkan Balasan