Menu Tutup

Malware Android Unkillable memberi peretas akses jarak jauh penuh ke ponsel Anda

Pakar keamanan memperingatkan pengguna Android tentang jenis malware jahat yang hampir tidak mungkin dihapus.

Peneliti Igor Golovin dari Kaspersky telah menulis sebuah posting blog yang menjelaskan bagaimana malware xHelper menggunakan sistem program bersarang, tidak seperti boneka matryoshka Rusia, yang membuatnya sangat keras kepala.

Malware Android

Malware xHelper pertama kali ditemukan tahun lalu, tetapi Golovin baru sekarang menetapkan dengan tepat bagaimana cakarnya masuk ke dalam perangkat Anda, dan muncul kembali bahkan setelah pemulihan sistem.

Meskipun Google Play Store tidak aman, toko aplikasi pihak ketiga tidak resmi jauh lebih mungkin menyimpan aplikasi jahat. Layanan penyaringan aplikasi Google Play Protect memblokir lebih dari 1,9 juta pemasangan aplikasi yang mengandung malware tahun lalu, termasuk banyak aplikasi yang dimuat atau dipasang dari sumber tidak resmi, tetapi tidak aman.

BACA JUGA  Google Dork Menggunaka gD0rk Tool Automatis

xHelper sering didistribusikan melalui toko pihak ketiga yang menyamar sebagai aplikasi pembersihan atau perawatan populer untuk meningkatkan kinerja ponsel Anda, dan begitu ada, sangat keras kepala.

Terlalu dalam

Ketika malware pertama kali diinstal, ia mengunduh trojan ‘dropper’, yang mengumpulkan informasi di perangkat Anda dan menginstal trojan lain. Ini kemudian mengunduh kode eksploitasi yang memberinya akses root ke perangkat Anda, di mana ia dapat menyebabkan kekacauan apa pun yang menurut penciptanya cocok.

Menghapus infeksi sangat sulit. Semua unduhan ini tersembunyi jauh di dalam file sistem, membuatnya sulit ditemukan, dan dropper yang diinstal di partisi sistem dapat memulai proses ini lagi bahkan setelah reset pabrik.

BACA JUGA  8 Cara Hack Instagram Online 100% Work untuk Hack Akun IG

Golovin menyarankan untuk merefleksikan telepon, tetapi memperingatkan bahwa kadang-kadang firmware yang dipasang pabrik mungkin berisi xHelper, dalam hal ini sangat sedikit yang dapat Anda lakukan. “Jika Anda menggunakan firmware yang berbeda, ingatlah bahwa beberapa komponen perangkat mungkin tidak beroperasi dengan benar,” sarannya.

“Bagaimanapun juga, menggunakan smartphone yang terinfeksi xHelper sangat berbahaya. Malware memasang backdoor dengan kemampuan untuk mengeksekusi perintah sebagai superuser. Ini memberikan para penyerang dengan akses penuh ke semua data aplikasi dan dapat digunakan oleh malware lain juga, misalnya, CookieThief. “

Tinggalkan Balasan