Fungsi ERD “Entity Relationship Diagram”

  • Post author:
  • Post last modified:19 November 2021

Fungsi ERD atau Entity Relationship Diagram menggambarkan bagaimana entitas berhubungan satu sama lain. Secara sederhana, ini adalah gambaran atau kerangka kerja bisnis Anda atau proses bisnis tertentu.

Entitas adalah hal-hal yang kita butuhkan untuk menyimpan data. Ini adalah aspek bisnis Anda yang perlu menyimpan data, seperti departemen – atau penjualan, pendapatan, mungkin klien, misalnya.

Fungsi ERD

Fungsi ERD atau Entity Relationship Diagram memberikan gambaran tentang bagaimana entitas ini berhubungan satu sama lain. Anda bisa menyebutnya cetak biru yang menopang arsitektur bisnis Anda, menawarkan representasi visual dari hubungan antara kumpulan data (entitas) yang berbeda.

Dalam diagram, entitas diwakili oleh kotak dengan garis yang menghubungkannya dengan berbagai atribut, yang menggambarkan kualitas atau karakteristik entitas.

Semuanya terhubung sesuai dengan hubungan antara entitas, atau bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Hubungan kadang-kadang disebut sebagai kardinalitas, yang menggambarkan interaksi secara numerik, tetapi disebut relationships (hubungan).

Memvisualisasikan bisnis Anda

Setiap cabang bisnis, atau entitas, mungkin terkait dengan entitas lain atau banyak entitas, dan sebaliknya.

Ada tiga jenis utama hubungan: satu-ke-satu (1:1), satu-ke-banyak dan banyak-ke-banyak.

Anda bisa mencoba membayangkan hubungan satu-ke-satu sebagai hubungan manajer dengan departemen mereka.

Hubungan satu ke banyak bisa menjadi hubungan departemen dengan (banyak) karyawannya.

Pikirkan hubungan banyak-ke-banyak dengan cara ini: hubungan antara banyak karyawan dan proyek yang melibatkan mereka. Dalam analisis bisnis, kueri terhadap hubungan banyak-ke-banyak dapat menghasilkan hasil yang bermasalah .

Mengapa Menggunakan ERD?

Dalam analisis bisnis, ERD adalah bagian penting dari merancang sistem perangkat lunak Anda atau cara Anda menerapkan solusi intelijen bisnis Anda.

Bisnis dengan database yang kompleks, dengan kata lain, banyak data, mungkin menggunakan ERD.

ERD digunakan oleh analis ketika merancang database. Basis data membantu mereka mengomunikasikan lanskap bisnis ke tim yang berbeda, dan ikhtisar ini akan membantu Anda membangun aplikasi yang diperlukan untuk mendukung bisnis.

Menggunakan representasi visual bisnis Anda akan membantu Anda memahami strukturnya dan informasi ini berguna untuk manajemen bisnis dan merumuskan strategi untuk membuat efisiensi.

Memahami hubungan antar entitas juga dapat membantu Anda menghilangkan ambiguitas atau proses yang tidak perlu dalam organisasi Anda. bertujuan untuk merampingkan bisnis Anda. Untuk melihatnya, Anda bisa melihat gambaran atau contoh ERD CMD