Menu Tutup

Tutorial Ekstrak Meta Data menggunakan ExifTool

Pada artikel ini, kita akan menemukan berbagai metode untuk membaca, menulis, dan memanipulasi informasi meta data yang direkam dalam berbagai jenis file. Untuk mencapai ini, kita akan menggunakan alat yang dikenal sebagai “ExifTool”. EXIF adalah akronim untuk Format File Gambar yang Dapat Dipertukarkan dan ini merupakan standar untuk penyertaan metadata dalam jenis file tertentu.

Daftar Isi

  • Pengantar ExifTool
  • Instalasi
  • Penggunaan ExifTool
    • Ekstrak Informasi Meta-Data Umum
    • Ekstrak Informasi Meta-Data Tertentu
    • Ekstrak Koordinat GPS
    • Ekstrak Gambar Thumbnail
    • Ekstrak metadata menggunakan kata kunci tertentu
  • Mode Verbose ExifTool
  • Menulis Informasi Meta-Data
  • Menghapus Informasi Meta-Data
  • Menyimpan output
    • Dalam file HTML
    • File Dalam Teks
  • Mengekstrak data EXIF ​​dari file Video

pengantar

ExifTool dikembangkan oleh Phil Harvey. Ini adalah pustaka Perl platform-independen ditambah dengan implementasi command-line berfitur lengkap untuk membaca, menulis dan memanipulasi metadata di berbagai file, terutama gambar JPEG. Metadata ini dapat terdiri dari banyak informasi seperti pembuatan kamera, tipe file, izin, ukuran file, dll., Meskipun lebih jauh menawarkan rincian lebih lanjut tentang foto, seperti pencahayaan, kecepatan rana dan apakah blitz menyala atau tidak. ExifTool mungkin memberi kita cara paling sederhana untuk mengekstrak metadata dari file, karena ini gratis dan program open-source.

Instalasi

Exiftool cukup mudah digunakan. Ini hanya tentang memukul terminal Linux kami dan kloning alat dari GitHub.

https://github.com/exiftool/exiftool.git

Selain itu, kita perlu menginstal paket yang diperlukan:

sudo apt-get install libimage-exiftool-perl

Selamat ExifTool sudah berhasil ter instal di perangkat anda.

Penggunaan Exiftool

Untuk mengekstrak seluruh metadata file, kita hanya perlu menjalankan perintah di bawah ini:

exiftool  <filename>

Dari gambar di bawah ini, Anda sekarang dapat melihat bahwa kami telah mendapatkan semua informasi yang diambil dari file gambar kami dari yang sangat mendasar.

BACA JUGA  Download script phising IG ini cara membuat link phising instagram

Namun, jika kita perlu mengambil id bersama dengan tag exif dalam format Hexa-Decimal, meskipun kita perlu menjalankan perintah berikut:

exiftool -H <filename>

Dari gambar di bawah ini, kita dapat melihat bahwa ada banyak informasi yang tersimpan di dalam tag Exif ini.

Ekstrak Informasi Meta-Data Umum

Sekarang jalankan perintah di bawah ini yang akan memberi kita output dari tag Exif paling umum dari file gambar.

exiftool  –common <filename.jpg>

Ekstrak Informasi Meta-Data Tertentu

Kami dapat mencantumkan meta-informasi tertentu dari file gambar kami dengan hanya menjalankan perintah yang diberikan:

exiftool  -tagname  -tagname  <filename>

Dari gambar di bawah ini, kami mendapatkan hasil yang diinginkan ditampilkan bersama dengan nama tag dalam format tipe daftar.

Ekstrak Koordinat GPS

Foto-foto yang kami ambil menggunakan smartphone atau kamera kami memiliki koordinat GPS yang tertanam sebagai metadata dalam file gambar. Untuk mendapatkan ini, kita hanya perlu menjalankan perintah yang diberikan di bawah ini:

exiftool  <filename> | grep GPS

Di sini kami mendapat Posisi GPS, sekarang cukup salin dan tempel informasi koordinat lengkap ini melalui Google Maps dan kami akan mendapatkan lokasi yang tepat dari kamera ketika gambar diambil.

Ekstrak Gambar Thumbnail

Thumbnail adalah gambar pratinjau asli yang pada dasarnya dikompres. Ini hanya dibuat untuk membuka gambar asli lebih cepat dan bertindak sebagai penampung bagi mereka. Untuk mengekstrak gambar mini ini, kita hanya perlu menjalankan perintah berikut:

exiftool  -ThumbnailImage (filename) > (Output filename)

Di sini kita dapat melihat bahwa file thumbnail.jpg diekstraksi dari gambar test.jpg.

BACA JUGA  Cara Menghapus Aplikasi Bawaan di Hp Realme (Bloatware atau Aplikasi Sistem)

Ekstrak metadata menggunakan kata kunci tertentu

Perintah berikut akan membantu kami untuk mengekstrak informasi metadata yang terkait dengan beberapa kata kunci tertentu.

exiftool “-*keyword*” <filename>

Dari gambar di bawah ini, kita dapat melihat bahwa perintah yang dipecat menampilkan semua tag dengan nama yang mengandung kata “Gambar” dari file.

Mode Verbose ExifTool

Mode Verbose menghasilkan informasi tambahan yaitu ketika kita menambahkan [-v] ke perintah exiftool, ia akan menampilkan data komprehensif tentang proses yang sedang dilakukan.

exiftool  -v <filename>

Menulis Data-Meta

ExifTool memberi kami kekuatan besar untuk menulis sebagian besar informasi pada tag EXIF, yang mungkin ingin diubah siapa pun, tetapi beberapa tag dilindungi karena mereka menggambarkan karakteristik fisik gambar yang tidak dapat kami ubah dengan ExifTool, seperti kompresi. Juga, tag lain seperti GPS, MakerNotes, informasi ini dapat diedit.

Untuk memanipulasi data exif kita perlu menjalankan perintah berikut:

exiftool  -Make= “HackingArticles”  <filename>

Di sini kita dapat melihat bahwa informasi yang disimpan dalam tag “Make” diganti dari “OPPO” menjadi “HackingArticles”. Saat menulis informasi, skrip ExifTool secara otomatis menyimpan file asli dengan menambahkan “_original” di akhir nama file.

Menghapus Informasi Meta-Data

Kami hanya mengekstraksi atau memanipulasi data EXIF ​​sejauh ini, tetapi bagaimana jika kami ingin menghapus atau menghapus semua metadata dari file gambar. Cukup jalankan perintah di bawah ini, mari kita lihat cara kerjanya:

exiftool  -all=  <filename>

Ini menunjukkan 1 file gambar diunggah. Data EXIF ​​”test.jpg” telah dihapus secara efektif. Meskipun mari kita mencoba untuk mengekstrak metadata dari “test.jpg” lagi, maka kita hanya mendapatkan informasi dasar gambar dan sisanya dihapus.

BACA JUGA  Tutorial GitHub untuk pemula

Menyimpan output dalam Berbagai Format

  1. Dalam file HTML

Kami akan menyimpan output ExifTool dalam file HTML untuk menjaga catatan dan agar lebih mudah dibaca. Untuk melakukan ini kita akan menggunakan parameter “-h” bersama dengan perintah exiftool dan menyimpan hasilnya dalam file dengan ekstensi .html.

exiftool  -h (filename) > (output.html)

Di sini, kita dapat melihat file test.html dihasilkan. Meskipun kami hanya perlu membukanya untuk memeriksa output data EXIF ​​kami di salah satu browser kami.

  1. File Dalam Teks

Kami bahkan dapat mengekspor exifdata kami ke file teks yang mirip dengan output dari HTML. Untuk mencapai ini, kita hanya perlu menjalankan perintah berikut:

exiftool (filename) > (outputexif.txt)

Lebih lanjut, kami juga dapat memantau output kami dengan membukanya di salah satu editor teks atau hanya dengan menjalankan perintah:

cat <filename>

Mengekstrak ExifData dari file Video

ExifTool tidak hanya mengekstraksi metadata dari format file jpg tetapi juga dapat membaca dan menulis dalam berbagai file.

Kami sekarang akan mengekstrak seluruh informasi meta-data dari file video mp4. Untuk mengekstrak ini, kita akan menjalankan perintah dasar exiftool yaitu:

exiftool <filename.mp4>

Kesimpulan

Ini adalah panduan kegunaan lengkap Exiftool sebagai ekstraktor meta data. Ini mudah digunakan dan nyaman karena penerapan baris perintah yang sederhana. Dengan demikian telah menjadi salah satu alat terbaik untuk mengekstrak data meta-data dari berbagai format file.

 

Tinggalkan Balasan