Cara Menjadi Freelancer yang Sukses: 8 Keterampilan Penting

  • Post author:
  • Post last modified:12 Januari 2022

Ingin tahu cara menjadi freelancer yang sukses? Berikut adalah beberapa keterampilan utama yang Anda perlukan!

Cara Menjadi Freelancer

Menjadi seorang freelancer terdengar hebat di atas kertas. Lagi pula, siapa yang tidak ingin menjadi bos bagi dirinya sendiri, bekerja dengan caranya sendiri, dan memiliki gaya hidup yang lebih fleksibel? Meskipun manfaat tersebut nyata, keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pekerja lepas (dan tetap menjadi pekerja lepas) sering diabaikan.

Sementara seorang karyawan hanya harus pandai dalam keterampilan utama mereka, seorang pekerja lepas harus mempelajari segala macam keterampilan lain untuk mengakomodasi beban kerja mereka yang semakin menuntut. Sebagai seorang pengusaha, Anda membutuhkan banyak keterampilan lain untuk menjalankan bisnis freelance Anda.

1. Belajar Mandiri

Salah satu keterampilan terpenting yang harus Anda miliki sebagai seorang freelancer adalah belajar mandiri. Sementara seorang karyawan dapat dilatih oleh majikan mereka dan diberikan kursus pengembangan, pekerja lepas tidak memiliki siapa pun untuk diandalkan selain diri mereka sendiri. Mereka harus memiliki motivasi diri untuk mempelajari hal-hal baru dan meningkatkan keterampilan mereka.

Hal ini membutuhkan banyak upaya sadar dan menyisihkan waktu untuk pengembangan keterampilan secara teratur. Tetapi bagian yang sulit sebenarnya adalah memutuskan apa yang harus dipelajari. Adalah satu hal untuk diinstruksikan apa yang harus dipelajari oleh atasan Anda, dan hal lain untuk mencari tahu sendiri.

Apakah akan mempelajari keterampilan pelengkap di atas keterampilan Anda yang ada atau memoles lebih lanjut keahlian Anda, itu adalah keputusan yang harus Anda buat sendiri untuk diri Anda sendiri. Anda dapat membaca buku, menonton video, membeli kursus, meminta freelancer lain untuk membagikan beberapa tips, dll.

2. Manajemen Waktu

Meskipun benar bahwa pekerjaan lepas membawa banyak fleksibilitas dalam hidup Anda karena Anda tidak harus bekerja dengan jam kerja tetap, itu juga membuatnya sangat mudah untuk menunda-nunda. Anda mungkin menemukan diri Anda ingin menunda sebuah proyek karena Anda pikir Anda punya cukup waktu untuk melakukannya nanti, tapi itu bisa menjadi masalah segera.

Membuat jadwal dan menaatinya adalah cara yang bagus untuk menghindari membuang-buang waktu dan merencanakan hari Anda. Semakin disiplin Anda sebagai pekerja lepas, semakin mudah untuk tidak teralihkan oleh gangguan terus-menerus dan membuang-buang waktu berharga itu.

3. Penalaran Logis

Akan ada banyak waktu ketika Anda harus membenarkan tindakan Anda sebagai pekerja lepas. Mungkin klien ingin tahu mengapa Anda memilih pendekatan khusus untuk proyek yang mereka berikan kepada Anda, atau mungkin mereka tidak yakin bagaimana jumlah yang harus dibayar dalam faktur bulan ini jauh lebih tinggi daripada terakhir kali.

 

Jika Anda tidak dapat berunding dengan klien Anda dan menjelaskan kepada mereka mengapa ada sesuatu seperti itu, mereka mungkin meragukan keahlian Anda sebagai individu yang terampil dan bahkan memutuskan hubungan dengan Anda. Untuk menjadi lebih baik dalam bernalar, merupakan ide bagus untuk berbicara dengan pekerja lepas mapan lainnya dan memahami mengapa mereka melakukan apa yang mereka lakukan.

4. Berpikir Cepat

Penalaran dan pemikiran cepat berjalan beriringan. Tidak hanya untuk bercakap-cakap dengan klien, tetapi juga untuk mempertahankan alur kerja yang produktif. Semakin cepat Anda dapat berpikir dan menghubungkan titik-titik, semakin sedikit waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penelitian dan menyelesaikan tugas.

Ingat, tugas yang diselesaikan lebih cepat adalah layanan yang dikenakan biaya lebih tinggi karena Anda membantu klien Anda menghemat jam kerja yang berharga. Itu juga mengapa merupakan ide yang baik untuk membebankan biaya layanan Anda pada basis per-gig daripada per jam. Yang terakhir menghukum Anda karena menjadi pekerja cepat.

5. Pemecahan Masalah

Tugas Anda sebagai pekerja lepas adalah memahami, mengklarifikasi, dan menyelesaikan masalah klien Anda. Dan ini akan menjadi tugas yang lebih mudah jika klien tahu apa sebenarnya masalah yang mereka coba selesaikan. Tapi itu jarang terjadi.

Sering kali, Anda harus mendiagnosis masalah dan mencari tahu apa yang perlu diselesaikan. Keterampilan pemecahan masalah yang kompleks inilah yang membedakan Anda dari orang lain dan membantu Anda menjadikan diri Anda sebagai ahli daripada penyedia layanan yang dapat diganti.

6. Menerima Kritik

Sementara belajar mandiri memiliki tempatnya, beberapa pelajaran datang dalam bentuk kritik dan kebanyakan dari mereka akan datang dari klien Anda. Mungkin Anda tidak melakukan riset yang cukup atau lupa mengikuti panduan gaya. Semua kesalahan ini adalah bagian dari perjalanan.

Tapi pastikan untuk membedakan kritik konstruktif dari kritik non-konstruktif. Yang pertama bersifat situasional, spesifik, dan sugestif. Yang terakhir ini tidak pantas, tidak tepat waktu, tidak profesional, dan tidak memperhatikan sisi cerita Anda.

7. Kemampuan beradaptasi

Menjadi adaptif sangat penting untuk bisnis freelance Anda karena membantu Anda mengatasi keadaan buruk seperti depresi ekonomi. Misalnya, banyak outlet mode dan perusahaan tur kehilangan bisnis di tengah pandemi COVID-19, tetapi e-commerce tampaknya bertahan cukup baik.

Intinya di sini adalah untuk memahami di mana uang berada dalam perekonomian saat ini dan mengarahkan bisnis Anda ke arah itu. Mungkin lebih menguntungkan dan bahkan mungkin perlu bagi bisnis lepas Anda untuk beralih dari industri yang saat ini Anda layani ke industri yang sedang booming.

8. Toleransi Risiko Tinggi

Bukan berita baru bagi siapa pun bahwa lepas adalah pilihan karir yang berisiko. Kecuali Anda telah menandatangani kontrak jangka panjang dengan klien Anda, stabilitas keuangan selalu menjadi tantangan bagi pekerja lepas. Beberapa bulan Anda mungkin mendapatkan banyak pekerjaan dan memiliki bisnis yang sangat bagus, bulan-bulan lain Anda mungkin kesulitan menemukan proyek baru.

 

Plus, tidak memiliki manfaat seperti cuti berbayar atau liburan adalah hal menyedihkan lain yang harus Anda pertanggungjawabkan sebagai pekerja lepas. Satu-satunya daun yang dapat Anda ambil adalah yang Anda izinkan untuk diri sendiri, jadi pastikan itu diambil pada waktu yang tepat dan untuk durasi yang tepat untuk menghindari pekerjaan yang tertunda.

Masuki Dunia Freelancing

Freelancing adalah pilihan karir yang bagus, tetapi tidak untuk semua orang. Ini membutuhkan seperangkat keterampilan yang sangat spesifik di atas keterampilan yang Anda jual. Dari belajar mandiri hingga manajemen waktu hingga toleransi risiko, ini adalah tindakan penyeimbangan konstan yang sulit untuk dipraktikkan dan lebih sulit untuk dikuasai.

Jika Anda mau, mempelajari keterampilan di atas akan membantu Anda bertahan dalam ujian waktu dan menjadi pekerja lepas berpengalaman. Pastikan untuk melatihnya secara teratur untuk melatih diri Anda dan menemukan metode yang paling cocok untuk Anda.