Menu Tutup

Cara menghapus virus di ponsel Android

Cara menghapus virus di ponsel AndroidA | Ada ribuan visru yang tersebar di internet yang bisa kapan saja menyerang smartphone Android anda, entah itu karena download tanpa sengaja atau tidak. Seorang hacker menyebarkan virus yang mereka buat dengan berbagai macam cara agar mendapatkan korban.

Seperti menyisihkan virus di beberapa aplikasi dan membagikannya ke publik untuk di download, dengan tidak sadar orang-orang tersebut telah menginstal aplikasi yang berisi malware jahat yang bisa membahayakan Android bahkan data anda di Android.

Virus dan jenis malware lainnya

Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang dapat menyusup ke ponsel Anda. Ditulis dengan maksud untuk menyebabkan kerusakan, malware dapat mencakup virus, worm komputer, Trojans, ransomware, dan spyware.

Seorang black hacker dapat menggunakan malware untuk mengakses data pribadi Anda dan, dalam beberapa kasus, selanjutnya menggunakan informasi sensitif itu untuk melakukan pencurian identitas atau penipuan.

Virus adalah jenis malware tertentu yang menyusup ke komputer atau perangkat lain dan program mereka. Hacker mungkin dapat menginstal virus di perangkat Anda tanpa sepengetahuan atau persetujuan Anda. Virus tersebut kemudian dapat memasukkan kode jahat baru pada perangkat Anda yang dapat memonitor dan memanipulasi aktivitas online Anda.

Apa yang dapat dilakukan virus dan malware lainnya ke ponsel Android?

Malware sengaja dibuat oleh hacker jahat untuk mengambil data pengguna entah untuk sekedar  bersenang-senang atau untuk menghasilkan uang dengan melakukan penipuan dengan akun korban, mengambil data perbankan korban.

BACA JUGA  Kumpulan Default Password Router WiFi Terbaru

Sebuah Malware dapat mengambil alih kontrol perangkat, meremot smartphone Android dari jarak jauh, menginstal aplikasi berbahaya dan banyak lagi lainnya.

Pencuri info dapat mencuri daftar kontak Anda, informasi pribadi Anda, lokasi Anda, kata sandi Anda, dan banyak lagi.

Dengan bantuan malware, penjahat cyber dapat mengakses perangkat Anda dan mencuri informasi Anda untuk digunakan sendiri atau untuk dijual di dark web.

Peretas juga menggunakan ransomware untuk mengunci perangkat dan mengenkripsi data pribadi. Kemudian mereka dapat meminta pembayaran tebusan dari korban untuk mendapatkan kembali akses ke file mereka.

Tanda ponsel Android Anda mungkin memiliki virus atau malware lainnya

Untuk mengetahui apakah android anda terinfeksi virus itu tidak mudah, Anda tidak bisa melihat langsung apakah ada firus di Android Anda.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri Android yang terinfeksi virus:

  1. Ponsel Anda menjadi lemot.
  2. Aplikasi membutuhkan waktu lebih lama untuk dimuat.
  3. Baterai boros, tidak semestinya.
  4. Seringkali muncul iklan pop-up.
  5. Terdapat aplikasi baru padahal Anda tidak mendownload aplikasi tersebut.
  6. Kuota data jadi lebih boros.
  7. Pulsa habis tanpa terpakai.

Untuk mengatasi smartphone Android yang terinfeksi virus adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus untuk memindai virus di hp Android anda.

BACA JUGA  Cara Mencari Bug Website di Hp Android Termux

Ada banyak anti virus yang bisa kalian download di google play store baik yang premium atau gratis.

Kesalahan yang paling sering di lakukan oleh banyak orang adalah menginstal aplikasi root booster untuk mempercepat kinerja Android, secara tidak sadar aplikasi tersebut akan menambah beban kinerja Android.

Cara menghapus virus dan malware lain dari perangkat Android Anda

Jika Anda merasa memiliki malware di ponsel Anda, penting untuk menghentikan malware dari menyebabkan kerusakan lebih lanjut. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ambil.

  1. Matikan telepon dan reboot dalam mode aman. Tekan tombol daya untuk mengakses opsi Matikan. Sebagian besar ponsel Android datang dengan opsi untuk memulai kembali dalam Safe Mode. Begini caranya, menurut Google, meskipun Safe Mode dapat bervariasi berdasarkan telepon: Tekan tombol daya ponsel Anda. Saat animasi dimulai, tekan dan tahan tombol volume bawah ponsel Anda. Tahan hingga animasi berakhir dan ponsel Anda restart. Anda akan melihat “Mode aman” di bagian bawah layar Anda.
  2. Copot pemasangan aplikasi yang mencurigakan. Temukan aplikasi di Pengaturan dan copot atau tutup paksa. Ini mungkin tidak sepenuhnya menghapus malware, tetapi dapat mencegah kerusakan lebih lanjut pada perangkat Anda, atau dari itu mengirimkan malware ke perangkat lain di jaringan Anda.
  3. Cari aplikasi lain yang menurut Anda mungkin terinfeksi. Ada kemungkinan beberapa aplikasi mungkin telah terinfeksi oleh malware. Jika Anda pikir Anda dapat mengidentifikasi aplikasi-aplikasi itu, hapus segera.
  4. Instal aplikasi keamanan seluler yang kuat di ponsel Anda.

Cara melindungi Android Anda dari virus dan malware lain

Berikut adalah tujuh langkah utama yang dapat Anda ambil untuk membantu melindungi terhadap risiko serangan Malware Android.

  1. Pasang anti virus di smartphone Android Anda, jika perlu gunakan versi Pro.
  2. Update smartpone ke sistem terbaru.
  3. Jangan mengklik link yang mencurigakan atau asing dalam email dan pesan teks. 
  4. Gunakan kata sandi yang kuat dan rumit.
  5. Jangan pernah menggunakan koneksi Wi-Fi yang tidak aman. Selalu gunakan VPN saat menghubungkan ke Wi-Fi publik. 
  6. Selalu gunakan perlindungan keamanan cyber yang kuat pada semua perangkat yang terhubung ke internet.
  7. Selalu pasang aplikasi dari sumber tepercaya, seperti Google Play Store. Baca cetakan halus dan izin pada aplikasi untuk memahami seberapa banyak akses yang Anda berikan kepada pengembang aplikasi.

Sebaiknya jangan menunggu sampai perangkat Anda terinfeksi. Jadikan melindungi perangkat Android Anda sebagai prioritas. Memiliki perangkat lunak antivirus yang baik yang membantu melindungi PC Anda, tablet, dan perangkat Android lainnya dapat membantu mencegah malware menyebar dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Itulah Cara menghapus virus di ponsel Android dan bagaimana Anda bisa terhindar dari Malware.

BACA JUGA  Cara instal kali Nethunter di Termux android no root

Tinggalkan Balasan