Cara Menghapus Cache di Android (Dan Kapan Seharusnya)

  • Post author:
  • Post last modified:12 Januari 2022

Apa itu file aplikasi sementara? Bagaimana cara menghapus cache di Android? Dan kapan Anda harus melakukannya? Inilah semua yang perlu Anda ketahui.

Penyimpanan terbatas ponsel Android Anda dapat terisi dengan cepat. Dan salah satu penyebab hal ini yang mudah diabaikan adalah informasi tersimpan yang dibuat oleh aplikasi secara teratur agar dapat berjalan dengan baik.

File data sementara ini dikenal sebagai cache; sebagian besar ruang penyimpanan ponsel Android Anda mungkin terisi dengan file cache. Mari kita lihat apa itu file aplikasi sementara dan cara menghapus cache di Android.

Apa Itu Cache?

Ponsel Anda menggunakan data sementara yang disimpan dalam file cache untuk dengan cepat mengingat informasi terkait saat Anda membuka aplikasi. Misalnya, Spotify mungkin menyimpan daftar putar yang paling sering Anda gunakan sehingga tidak perlu memuat daftar lagu lengkapnya setiap kali Anda membukanya. Google Chrome mungkin men-cache gambar besar di situs web yang Anda kunjungi secara teratur, sehingga tidak perlu mengunduh gambar setiap kali Anda membuka halaman.

File cache hanya berguna untuk program terkait; Spotify tidak menggunakan cache Instagram, misalnya. Dalam banyak kasus, setelah aplikasi memutuskan bahwa informasi sementara yang disimpan tidak lagi berguna, itu akan membuang file cache yang menyertainya. Situs web, aplikasi, dan game semuanya menggunakan file cache untuk menawarkan pengalaman yang lebih lancar.

Cache tidak hanya digunakan oleh ponsel Android Anda—ini juga merupakan fungsi dari browser desktop dan perangkat lunak lainnya. Tanpa cache, perangkat Anda harus memuat ulang gambar dan elemen lain setiap kali Anda mengaksesnya, yang tidak efisien.

Cara Menghapus Cache di Android

Pada versi Android modern, Anda perlu menghapus file cache untuk setiap aplikasi satu per satu. Perhatikan bahwa Anda jarang perlu menghapus semua cache di perangkat Anda. Dalam kebanyakan kasus, membersihkan cache dari beberapa aplikasi bermasalah dapat menyelesaikan masalah penyimpanan atau kinerja.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menghapus data cache untuk aplikasi Android. Kami telah menggunakan stok Android 12 untuk instruksi ini; perangkat Anda mungkin terlihat sedikit berbeda atau menggunakan nama menu yang berbeda.

  1. Buka Pengaturan dan pilih Penyimpanan.Cara Menghapus Cache di Android
  2. Di daftar yang dihasilkan, ketuk entri Aplikasi ( Aplikasi Lain di Android 11 dan sebelumnya). Ini akan membawa Anda ke daftar semua aplikasi yang terpasang di ponsel Anda.Cara Menghapus Cache di Android
  3. Pilih aplikasi yang cache-nya ingin Anda hapus. Untuk melihat aplikasi mana yang menggunakan ruang paling banyak, ketuk menu tiga titik di pojok kanan atas dan pilih Urutkan menurut ukuran. Kami akan menggunakan Chrome sebagai contoh.Cara Menghapus Cache di Android
  4. Pada halaman info aplikasi, ketuk opsi Hapus Cache.Cara Menghapus Cache di Android

Hanya itu yang diperlukan untuk menghapus file cache untuk aplikasi apa pun di ponsel Android Anda. Ingatlah bahwa jika Anda mengetuk Hapus Penyimpanan , Anda akan menghapus semua data dari aplikasi. Ini pada dasarnya mengatur ulang ke keadaan baru, seperti Anda baru saja menginstalnya dari Play Store. Lakukan ini hanya jika aplikasi mengalami gangguan serius.

Versi Android yang lebih lama memberi Anda opsi untuk menghapus semua file yang di-cache sekaligus dengan membuka Pengaturan > Penyimpanan > Data Tembolok . Dari sana, cukup ketuk OK ketika Anda melihat opsi untuk menghapus semua file cache. Sayangnya, tidak ada cara bawaan untuk menghapus semua cache pada versi Android modern, jadi Anda harus mengulangi langkah di atas untuk menghapus cache untuk beberapa aplikasi.

Apa Yang Terjadi Setelah Membersihkan Cache Android?

Setelah Anda menghapus file cache, Anda akan mendapatkan kembali beberapa ruang penyimpanan dan aplikasi akan terus bekerja seperti biasa. Namun, karena Anda menghapus data yang digunakan untuk kinerja yang optimal, beberapa elemen (seperti yang disebutkan di atas) akan dimuat lebih lambat saat Anda menggunakan aplikasi lagi.

Anda mungkin memperhatikan bahwa ketika Anda menghapus cache, itu akan kembali pada akhirnya. Ini normal; seiring waktu, aplikasi akan membangun cache lagi berdasarkan penggunaan Anda. Karena cache berguna, Anda tidak perlu khawatir saat aplikasi membuat file cache.

Menghapus cache seharusnya tidak membuat Anda keluar dari aplikasi atau menyebabkan perubahan besar lainnya. Anda tidak akan kehilangan data seperti kemajuan game, bookmark browser, atau sejenisnya.

Manfaat Membersihkan Cache di Android

File cache itu penting, dan Anda biasanya tidak perlu mengotak-atiknya. Namun, terkadang berguna untuk menghapus file cache secara manual dari ponsel Android Anda.

Berikut adalah beberapa cara membersihkan cache di Android dapat membantu:

  • Dalam jangka pendek, membersihkan cache membantu Anda menghemat ruang penyimpanan di ponsel Anda. Tapi ini adalah perbaikan sementara, karena file cache baru dibuat setiap saat saat Anda menggunakan aplikasi. Jika perangkat Anda sangat kekurangan ruang sehingga Anda perlu mengosongkan cache secara teratur, mungkin sudah waktunya untuk meningkatkan ke ponsel baru.
  • Terkadang, file cache lama bisa rusak. Ketika ini terjadi, aplikasi mungkin mengalami masalah kinerja. Menghapus file cache yang salah dapat mengatasi masalah ini.
  • Secara teori, file cache lama dapat menimbulkan ancaman keamanan dan privasi. Halaman web yang di-cache di browser Anda mungkin berisi informasi sensitif. Jika orang yang tidak berwenang mengakses file ini, mereka mungkin dapat menggunakannya untuk mendapatkan detail pribadi.
  • Jika browser atau aplikasi lain menolak untuk mengambil halaman versi terbaru, mengosongkan cache dapat memaksanya untuk memperbarui.

Haruskah Menghapus Cache Secara Teratur?

Sekarang setelah Anda mengetahui manfaat membersihkan cache, Anda mungkin berpikir Anda harus menghapus cache secara manual sesuai jadwal. Tapi ini sebenarnya kontra-produktif. Ingatlah bahwa file yang di-cache memiliki tujuan yang berguna untuk mempercepat akses ke konten yang Anda gunakan secara teratur.

Itulah mengapa bukan ide yang baik untuk sering menghapus file cache lama dengan tangan. Android sudah memiliki mekanisme bawaan untuk menghapus file yang tidak digunakan, dan berfungsi dengan baik dalam banyak kasus. Kesempatan utama untuk menghapus file cache secara manual muncul ketika:

  • File cache aplikasi rusak, menyebabkan aplikasi berperilaku tidak semestinya.
  • Anda ingin menghapus file yang berisi informasi pribadi untuk melindungi privasi Anda.
  • Anda kehabisan ruang penyimpanan di ponsel dan tidak ingin menghapus video, gambar, dan aplikasi Anda.

Haruskah Saya Menggunakan Aplikasi Pembersih Android?

Ada banyak aplikasi di Play Store yang mengklaim dapat menghapus foto, video, dan file cache yang tidak digunakan di ponsel Anda dengan cepat dan aman. Meskipun terkadang dapat memberikan layanan yang bermanfaat, aplikasi ini biasanya tidak layak digunakan karena beberapa alasan:

  • Mereka sering membuat klaim palsu, seperti membersihkan file cache akan secara dramatis meningkatkan kecepatan ponsel Anda.
  • Aplikasi menghabiskan lebih banyak ruang di ponsel Anda, dan bahkan dapat memperlambat kinerja dengan terus berjalan di latar belakang.
  • Seringkali, mereka penuh dengan iklan berisi spam dan pembelian dalam aplikasi.

Berhati-hatilah jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi pembersih Android. Jika memungkinkan, hindari sama sekali. Sebagian besar ponsel Android sudah memiliki semacam penyimpanan pintar yang menghapus file lama, membuat aplikasi pihak ketiga tidak diperlukan untuk tujuan ini.

Membersihkan Cache di Android dengan Cepat dan Mudah

Menghapus file cache yang tidak digunakan di Android adalah cara yang layak untuk mengosongkan ruang sementara dan berguna saat memecahkan masalah aplikasi. Tapi itu bukan sesuatu yang harus sering Anda lakukan, atau melalui aplikasi pihak ketiga yang tidak dapat diandalkan. Gunakan hanya sebagai alat khusus bila diperlukan untuk kinerja perangkat.

Masih banyak lagi yang harus dipelajari tentang cara kerja bagian dalam Android, yang akan berguna saat memecahkan masalah umum Android lainnya.