Menu Tutup

Cara menghapus akun Facebook secara permanen

Dengan Facebook yang tidak pernah keluar dari berita karena pertanyaan tentang seberapa serius privasi pengguna, banyak orang ingin tahu tentang cara meninggalkan layanan untuk selamanya.

Dan ini bukan hanya tentang privasi online – banyak orang yang bosan dengan pembaruan status konstan dari teman lama yang telah Anda hindari. Jadi ada banyak alasan mengapa Anda mungkin ingin menghapus akun Facebook Anda – dan itu tidak sesulit yang Anda kira.

Dalam panduan ini, kami akan memandu Anda melalui proses cara menghapus Facebook langkah demi langkah, termasuk menguraikan perbedaan antara ‘menonaktifkan’ akun Anda, dan menghapusnya sepenuhnya. Dan kami akan berbicara tentang bagaimana Anda dapat mengelola apa yang diketahui Facebook tentang Anda juga.

1. Bagaimana cara menghapus atau menonaktifkan akun Facebook – apa bedanya?

Ada dua cara berbeda untuk membuat akun Facebook Anda offline. Yang pertama adalah menonaktifkan, yang berarti:

  • Anda dapat mengaktifkan kembali akun Anda kapan pun Anda mau
  • Orang tidak dapat melihat Timeline Facebook Anda, atau mencari Anda
  • Beberapa informasi dapat tetap terlihat (seperti pesan yang Anda kirim)
  • Facebook menyimpan info akun Anda (seperti teman dan minat) jika Anda mengaktifkan kembali

Tetapi menghapus akun Anda adalah masalah yang jauh lebih serius. Jika Anda menghapus akun Anda:

  • Facebook menunda penghapusan selama beberapa hari setelah permintaan dibuat. Jika Anda masuk selama masa tenggang, penghapusan dibatalkan
  • Anda tidak bisa mendapatkan kembali akses ke akun Facebook Anda setelah dihapus
  • Diperlukan waktu hingga 90 hari untuk data Anda yang disimpan dalam sistem cadangan dihapus. Namun, info Anda tidak dapat diakses di Facebook selama waktu ini
  • Beberapa hal tidak disimpan di akun Anda, seperti pesan yang Anda kirim ke teman – ini akan tetap aktif
  • Salinan beberapa materi (seperti catatan log) mungkin tetap ada di basis data Facebook, tetapi “dipisahkan dari pengidentifikasi pribadi,” menurut perusahaan

Pada dasarnya, menonaktifkan akun fb adalah cara untuk menenangkan diri dari pemberitahuan Facebook untuk sementara waktu, sementara menghapus adalah solusi permanen yang harus Anda pikirkan dengan cermat sebelum memilih.

2. Cara menonaktifkan akun Facebook

Untuk menonaktifkan akun Facebook Anda, ikuti lima langkah ini:

  1. Klik panah bawah menu akun di kanan atas halaman Facebook di browser web Anda
  2. Pilih ‘Pengaturan’
  3. Pilih ‘Umum’ di kolom kiri
  4. Klik ‘Kelola akun Anda’
  5. Tekan ‘Nonaktifkan akun Anda’, lalu ikuti langkah-langkah untuk mengonfirmasi keputusan Anda

Untuk mengaktifkan kembali akun Anda setelah menonaktifkannya, cukup login ke Facebook email dan kata sandi Anda. Profil Anda akan sepenuhnya dipulihkan.

3. Cara menghapus akun Facebook Permanen

Menghapus akun Facebook Anda adalah keputusan serius karena dampaknya, jadi pastikan itu adalah sesuatu yang benar-benar ingin Anda lakukan.

Suka atau tidak suka, media sosial kini sudah mendarah daging di masyarakat, dan profil Facebook Anda dapat memengaruhi persahabatan, prospek pekerjaan, dan peluang sosial. Ingatlah bahwa ada juga cara untuk mengamankan pengaturan privasi Facebook Anda., Jika itu yang menjadi perhatian Anda.

Selain itu, Anda mungkin kehilangan beberapa ‘meme dank’ dengan menghapus Facebook, dan betapapun kisi-kisinya ada di beberapa tempat, ini juga berguna untuk banyak hal, seperti mengikuti teman-teman dari luar negeri dan mengatur acara.

Jika Anda mengaktifkan binning jaringan sosial untuk selamanya, klik tautan berikut dan pilih opsi ‘Hapus akun saya’:

Sebelum menghapus akun Anda, ada baiknya mengunduh data Facebook Anda. Untuk menghapus akun fb, ikuti langkah-langkah ini:

  • Klik panah bawah menu akun di kanan atas halaman Facebook di browser web Anda
  • Klik ‘Unduh salinan data Facebook Anda’ di bagian bawah Pengaturan Akun Umum Anda
  • Pilih ‘Mulai Arsipku’

File yang mulai mengunduh akan berisi informasi profil Facebook Anda, jadi berhati-hatilah dengan tempat Anda menyimpannya.

Mengelola data Facebook lainnya

Perlu dicatat bahwa menghapus Facebook tidak serta merta menghapus Anda sepenuhnya dari fb. Itu karena kode Facebook dibangun di hampir setiap situs web melalui berbagi sosial dan tombol ‘Sukai’, dan Facebook dapat (dan memang) melacak penggunaan web Anda dengan cara ini. Namun, dimungkinkan untuk mendapatkan kontrol atas ini melalui fitur ‘Clear History‘, yang memisahkan data ini dari profil Facebook Anda.

Itulah tutorial cara menonaktifkan akun fb atau menghapus secara permanen akun fb yang bisa Anda lakukan.

Terimakasih, jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di kolom yang telah di sediakan.

Tinggalkan Balasan