Menu Tutup

Cara Menggunakan Mouse Wireles (Wifi) Tanpa Kabel

Halo gais disini kita akan menjelaskan tentang cara menggunakan mouse wiriles atau mouse tanpa kabel, yah lebih tepatnya cara menggunakan mouse wireles atau mouse wifi yah.

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara hack WiFi.

Kemajuan dalam bidang teknologi senantiasa memberikan kemudahan bagi kita semua dan menciptakan barang-barang yang semakin modern. Salah satunya adalah perkembangan jenis mouse yang ada di pasaran yaitu munculnya jenis mouse wireles yang lebih praktis dan mudah digunakan pastinya.

Mouse WiFi / Mouse Tanpa Kabel

Mouse sendiri merupakan alat atau aksesoris pada laptop atau komputer yang berfungsi untuk menggerakan kursor. Bahkan sekarang ini sudah ada laptop yang menggunakan layar sentuh sehingga tidak lagi membutuhkan mouse. Namun, tetap saja banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan laptop dengan mouse.

Jika kita flas back mouse yang dikeluarkan adalah mouse yang menggunakan kabel untuk menghubungkan mouse ke PC atau laptop. Padahal adanya kabel tersebut dapat mengganggu kenyamanan pengguna, bayangkan saja jika kita memainkan game pasti akan terganggu dengan adanya kabel.

Setelah dikeluarkannya mouse wireles, mouse yang tidak lagi menggunakan kabel untuk menghubungkan dengan PC atau laptop semakin mempermudah pengguna dalam menjalankan atau mengoperasikan komputer. Mouse wireles ini juga mudah didapatkan karena harganya tidak terlalu mahal.

Mouse wireles ini dapat lebih membuat pengguna menggunakan mouse dengan cepat. Mouse ini menggunakan baterai sehingga anda harus bisa menjaga supaya batrai di mouse tidak cepat habis. Caranya ya jangan gunakan mouse terlalu lama karena mouse juga butuh istirahat, sehingga batrai tidak mudah panas.

Penggunaan batrai pada mouse wireles berbeda-beda ada yang menggunakan satu batrai dan ada yang menggunakan dua batrai. Semua itu tergantung dari jenisnya dan semakin baik jenisnya maka semakin mahal harganya dan tentunya harga yang mahal akan memiliki kualitas yang baik.
Bagi anda yang baru saja membeli mouse wireles dan belum tahu bagaimana cara mengoperasikan mouse wireles, yuk simak berikut ini.

BACA JUGA  Cara Instal Driver Wifi di Windows Xp. 7. 8 dan 10

Cara menggunakan mouse wireles tanpa kabel (mouse WiFi):

  1. Hal pertama yang anda lakukan adalah cek kondisi mouse setelah membelinya apakah mouse dalam keadaan baik atau ada yang rusak. Jika dipastikan sudah baik maka anda bisa mengecek batrenya dan memasangnya dengan benar.
  2. Tentunya akan ada tombol yang digunakan untuk menghidupkan dan mematikan mouse atau biasanya pakai bahasa inggris on/off. Jika sudah ketemu maka nyalakan tombol dengan menekan atau menggeser ke posisi on. Jika lampu yang ada di mouse sudah berwarna merah maka pemasangan batrai sudah benar. Namun, jika lampu pada mouse belum menyala atau warna lain maka pemasangan batrai belum benar. Untuk itu perlu diperhatikan benar-benar pemasangan batrai ke dalam mouse.
  3. Setelah itu kita coba hidupkan komputer dan pasang kabel USB bawaan dari mouse. Apabila driver belum terinstal tidak jadi untuk itu perlu di instal terlebih dahulu. Biasanya akan muncul notif driver succesfully instaled berarti sudah berhasil terinstal dan mouse wireles sudah bisa digunakan.

Tipe Mouse Wireles

Tipe mouse wireles ada tiga yaitu mekanikal (menggunakan track ball untuk mengukur jarak dan posisi), optikal (menggunakan cahaya optikal untuk mengukur jarak dan posisi) dan Laser (untuk mengukur pergerakan dan posisi sangat akurat).

Mouse wireles mengirimkan informasi lewat udara untuk itu diperlukan Frequency Hooping untuk mencegah adanya hacking. Ada juga yang menggunakan kemanan data menggunakan enkripsi data. Sedangkan persiapannya yaitu antra transmitter dan receiver harus bekerja dengan frekuensi yang sama.

BACA JUGA  Begini Cara Mengaktifkan Zoom Dark Mode

Mouse wireles menggunakan frekuensi radio yang dapat bekerja jika ada komponen RF Transmitter dan RF Receiver. RF Transmitter berfungsi untuk merekam pergerakan dan tombol yang dipencet sedangkan RF Receiver untuk menerima sinyal yang dikirimkan oleh RF transmitter.

Awalnya mouse wireles menggunakan frekuensi radio 27 Mhz sehingga jangkauannya sangat terbatas. Namun, dalam perkembangannya mouse wireles semakin berevolusi dengan menggunakan frekuensi radio sebesar 2,4 Ghz sehingga akan memberikan jangkauan yang lebih luas.

Nah, jika anda ingin mengubah frekuensi daya pada mouse wireles juga bisa caranya adalah :

  • Lepaskan batrai dari mouse dan dongle receiver. Jika koneksi antara mouse dengan dongle receiver sudah netral maka keduanya akan mudah untuk disambungkan.
  • Kemudian masukan kembali batrai pada mouse dan tekan tombol “hubungkan” pada receiver kurang lebih selama sepuluh detik. Hal tersebut dilakukan untuk meriset informasi yang ada di dalam mouse. Jika sudah maka mouse akan berkedip ataupun lampu akan menyala.
  • Setelah itu letakan mouse kurang lebih delapan inchi dari receiver, jika terdapat masalah maka anda bisa mencoba dengan menyambungkan kembali.

Kelebihan Mouse WiFi

Keuntungan penggunaan mouse wireles sendiri adalah stabil dan dapat diandalkan, menghemat energi, harganya yang standar bahkan ada yang murah, dilengakpi dengan sensor optik. Adanya sensor optik dapat meningkatkan akurasi dan juga user hampir di semua permukaan.

Seperti yang kita tahu kalau mouse wireles bekerja tidak menggunakan kabel otomatis tidak dialiri listrik. Hal tersebut akan lebih aman jika ada anak-anak kecil yang bermain disekeliling kita pada saat kita mengoperasikan komputer. Dalam artian lain mouse wireles akan lebih aman.

Ketika anda sudah mulai menggunakan mouse wireles sensor yang ada di dalam mouse wireles akan bekerja dengan mengirimkan sinyal ke dongle receiver. Sinyal itulah yang akan dikirimkan ke komputer sebagai perintah untuk masukan data yang akan diolah menjadi keluaran.

BACA JUGA  X Attacker Tool Website Vulnerability Scanner & Auto Exploiter

Hal yang perlu anda perhatikan adalah masa batrainya, agar batrai tetap awet digunakan jangan gunakan mouse selama seharian full atau bahkan berhari-hari tetapi gunakan semestinya saja semisalkan 5 jam dalam sehari, maka akan menjaga keawetan dari batrai yang ada di mouse.

Jenis batraipun sekarang ini sudah beragam bukan ? ada batrai yang standar yaitu digunakan jika sudah habis maka dibuang dan digantikan lagi. Ada juga batrai yang pada saat daya batrai habis cukup di charger kemudian setelah batrai terisi penuh kembali dapat digunakan kembali sehingga akan lebih hemat.

Mouse wireles juga buatan manusia dan tentunya akan ada beberapa masalah yang akan dihadapi seperti mouse wireles yang tidak bisa tersambung ke laptop atau komputer atau mouse tersendat-sendat saat digunakan. Tapi pastinya hal tersebut ada penyebabnya dan ada cara untuk memperbaikinya. Jadi anda tidak perlu khawatir.

Biasanya yang lebih sering menggunakan mouse wireles ini adalah guru ataupun dosen karena akan lebih memudahkan dan praktis. Sedangkan komputer yang ada di sekolah untuk siswa masih cenderung menggunakan mouse dengan kabel mengingat harga dari mouse wireles yang lumayan mahal bagi kalangan siswa atau mahasiswa.

Kesimpulan

Nah, itulah bagaimana cara menggunakan mouse wireles sangat mudah bukan? selain memudahkan dalam pengoperasian juga sangat menguntungkan. Yuk, tunggu apalagi jangan lupa untuk mencoba mouse wireles ya.

Manfaatkan perkembangan teknologi ini untuk memudahkan kita dalam segala hal, jangan sampai kita gagap akan teknologi karena akan membuat kita tidak akan maju.Sekian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan