Menu Tutup

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Memory Internal Android

Di zaman yang teknologinya sudah serba modern ini, hampir semua orang memiliki dan menggunakan smartphone untuk dijadikan sebagai media komunikasi dan informasi. Tak hanya itu saja, smartphone juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan file seperti halnya dokumen, foto dan video. Sebab, di dalam smartphone memiliki tempat penyimpanan memori yang cukup besar. Akan tetapi, terkadang ada masalah yang banyak terjadi pada pengguna smartphone Android. Salah satunya yaitu foto yang ada di memori internal Android tidak sengaja terhapus. Lalu bagaimanakah cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal Android tersebut?

Jika anda menjumpai permasalahan seperti ini, anda tidak perlu merasa khawatir. Sebab, saat foto dan berkas yang tersimpan di memori internal Android hilang, maka masih bisa untuk dikembalikan atau recovery. Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan file atau foto yang hilang di memori internal Android anda, baik itu menggunakan aplikasi atau dengan cara-cara yang lainnya.

Beberapa Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus di Memory Internal Android

Untuk anda semuanya yang tidak sengaja menghapus foto-foto yang tersimpan di memory internal Android, maka anda bisa mengembalikannya dengan cara seperti berikut ini:

1. Restore Foto Langsung Dari Smartphone

Nah, salah satu cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal Android yang dinilai paling aman dan paling mudah yaitu mengembalikan foto yang terhapus dengan tanpa aplikasi serta tanpa root. Dengan demikian, anda semuanya bisa melakukannya tanpa harus mengalami kesulitan. Cara ini bisa anda lakukan sesuai dengan keadaan atau kondisi smartphone anda.

Biasanya, pada tiap smartphone akan menyimpan file backup seperti yang terdapat pada laptop yaitu recycle bin. Dengan demikian, selama data tersebut masih tersimpan di file backup, maka foto yang terhapus di memory internal Android dapat anda pulihkan kembali. Untuk cara yang bisa anda lakukan yaitu pertama harus masuk ke File Manager. Setelah itu, anda bisa klik titik tiga yang terdapat di pojok kanan bawah.

Selanjutnya, anda bisa klik file tersembunyi dan nantinya akan muncul file .Thumbnail. Nah, apabila anda semuanya membuka file tersebut, maka foto yang tadinya terhapus bisa muncul kembali. Selanjutnya anda bisa segera memindahkan foto-foto tersebut ke dalam file yang mudah untuk anda akses.

2. Gunakan Previous Version Lewat Laptop

Apabila folder backup itu ternyata tidak ada, maka cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal Android yang selanjutnya bisa dengan menggunakan laptop. Caranya yaitu anda bisa menghubungkan smartphone anda dengan laptop menggunakan kabel data. Pada saat telah terhubung, anda bisa mencari folder foto yang telah terhapus tadi.

BACA JUGA  Cara Menukarkan Kode Redeem FF di Garena

Kemudian klik kanan pada folder, lalu klik ‘Previous Version’. Selanjutnya, anda bisa mencari foto yang tadinya telah terhapus di Android. Pada umumnya, jika ada file tersebut, maka akan ada pemberitahuan tentang pengembalian foto yang terhapus tersebut.

3. Memakai Google Photos Apabila Terhubung

Perlu anda ketahui, jika setiap perangkat yang memakai sistem operasi Android biasanya sudah dilengkapi dengan aplikasi Google Photos ini. Sebab, aplikasi ini termasuk aplikasi bawaan. Adanya aplikasi ini bermanfaat sekali untuk menyalakan auto back-up dari aplikasi Google Photos. Dengan demikian, smartphone anda benar-benar dapat menyimpan seluruh foto dan juga video yang terdapat di dalam ponsel.

Anda perlu tahu bahwa Google Photos termasuk salah satu cloud atau aplikasi backup foto yang sudah resmi dari Google. Aplikasi ini dapat mem-backup foto dengan otomatis, sehingga akan sangat bermanfaat untuk menyimpan berbagai macam foto dengan aman. Apabila anda menggunakannya, maka jika foto anda di memori internal internal Android terhapus nantinya bisa dikembalikan dengan aplikasi bawaan ini.

Untuk memulihkan foto-foto yang terhapus di smartphone yang sudah terhubung dengan Google Photos, caranya memang sangat mudah. Anda bisa masuk pada aplikasi atau akun anda. Selanjutnya, tinggal pilih bagian folder trash atau sampah. Sebab seluruh file atau foto yang telah terhapus dalam jangka waktu tertentu masih tersimpan disitu.

Ini pun tidak hanya untuk memulihkan foto terhapus dari memori internal saja, namun juga sebagai cara mengembalikan foto yang telah terhapus yang tersimpan di memory card. Atau anda juga dapat memakai aplikasi penyimpanan data online internet Android yang lain, supaya data bisa menjadi lebih aman.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Memory Internal Android Menggunakan Aplikasi

Pada Google Play Store memang kita bisa menjumpai banyak sekali aplikasi. Nah, di Google Play Store juga terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengembalikan foto yang telah terhapus.

Untuk cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal Android ini, tentunya bisa anda jumpai dengan mudah. Seperti yang telah kita ketahui bersama, jika mencari foto yang terhapus di Android memang cukup sulit jika dilakukan dengan cara yang manual. Dengan demikian, membutuhkan aplikasi yang dapat membantu supaya dapat mengembalikan foto yang telah terhapus.

Meskipun di Google Play Store banyak aplikasi yang bisa anda temukan dengan mudah. Akan tetapi, anda semuanya harus bisa memilih aplikasi yang tepat untuk mengembalikan foto-foto yang telah terhapus. Sebab, terdapat aplikasi dengan root dan juga aplikasi mengembalikan foto dengan tanpa root.

BACA JUGA  Facebook Password Recovery Software Decryptor v5.5

Untuk anda semuanya yang terpaksa kehilangan file foto di Android, maka sebaiknya anda semuanya tidak perlu merasa khawatir. Sebab, anda bisa mengembalikan foto-foto yang hilang tersebut dengan menggunakan 4 aplikasi terbaik Android untuk bisa mengembalikan foto yang hilang seperti berikut ini:

1. DiskDigger Photo Recovery

Aplikasi DiskDigger Photo Recovery memang telah didesain khusus oleh pengembangnya untuk mengembalikan file berupa foto atau data yang telah terhapus pada perangkat Android, diantaranya seperti pada smartphone maupun tablet. Aplikasi ini bisa berjalan dengan baik di memori internal smartphone maupun di micro-SD. Nah, agar dapat memperoleh kualitas gambar maupun video yang baik dari aplikasi ini, para pengguna tentunya memerlukan root.

Jika anda semuanya tidak melakukan root, maka foto dan video yang akan diambil kembali kualitasnya tidak akan bisa sebaik foto anda pada mulanya. Ini semua disebabkan oleh aplikasi mengambil file dari cache yang telah tersimpan pada smartphone.

2. DigDeep Image Recovery

Aplikasi DigDeep Image Recovery merupakan salah satu aplikasi yang bisa bekerja dengan baik untuk perangkat Android. DigDeep Image Recovery akan bekerja dengan cara melakukan pencarian di perangkat ponsel maupun di perangkat tambahan, yakni micro SD. Sesudah anda menemukan file yang akan dikembalikan, maka aplikasi ini bisa membantu anda semua untuk mengembalikan file tersebut.

3. Recover Deleted Photos Pro

Recover Deleted Photos Pro termasuk salah satu aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mencari data atau foto-foto yang hilang di memori internal Android. Aplikasi ini memang bisa bekerja dengan cukup baik pada perangkat Android tanpa menimbulkan berbagai macam permasalahan.

Cara kerja dari aplikasi Recover Deleted Photos Pro memang hampir sama dengan beberapa aplikasi lainnya. Diantaranya yaitu dengan cara melakukan pemindaian, baik itu pada memori ponsel maupun di micro SD. Sesudah melakukan pemindaian tersebut, maka anda semuanya bisa memilih file yang hendak anda kembalikan.

4. Deleted Photo Recovery

Delete Photo Recovery juga termasuk salah satu aplikasi yang dapat memberikan kemampuan di dalam mengembalikan foto yang telah terhapus. Bentuk jenis format yang sudah memperoleh dukungan dari aplikasi ini diantaranya seperti: JPG, JPEG, PNG, dan lain sebagainya. Namun harus anda ketahui, jika aplikasi ini terlebih dahulu tidak membutuhkan tindakan root di perangkat ponsel mereka. Dengan demikian, para penggunanya bisa menjadi lebih mudah dalam melakukan pengembalian foto yang telah terhapus.

BACA JUGA  100% Work Kuota Internet Gratis 4G Unlimited

Agar aplikasi ini bisa berjalan dan digunakan sebagaimana mestinya, maka anda semuanya perlu melakukan instalasi dari Play Store. Kemudian anda bisa lakukan pemindaian sampai semuanya selesai. Aplikasi ini akan memberi tahu foto-foto mana saja yang nantinya dapat dikembalikan.

Ketika telah selesai, maka cara yang bisa anda lakukan selanjutnya yaitu begitu mudah. Karena anda semuanya hanya tinggal melakukan klik saja satu kali pada tulisan restore. Setelah itu, foto-foto yang akan dikembalikan akan ditampilkan. Nah, disini anda dapat lebih mudah memilih-milih dan mempertimbangkan file mana yang ingin anda kembalikan dan mana yang ingin anda biarkan tetap terhapus. Anda bisa memilih foto-foto yang penting saja atau file lainnya yang anda inginkan. Sehingga memory internal Android anda tidak terlalu penuh.

Cara Mengembalikan Foto Dengan Penyimpanan Komputasi

Nah, untuk anda semuanya yang telah terlanjur kehilangan file foto pada tempat penyimpanan komputasi, maka anda semuanya tidak perlu merasa khawatir. Sebab, anda semuanya tetap bisa mengembalikan foto-foto yang telah terhapus dengan menggunakan komputasi awan yang ditawarkan oleh vendor smartphone.
Setiap perangkat Android hampir semuanya telah dibekali oleh penyimpanan komputasi awan. Berbagai macam merk smartphone sudah menyediakan penyimpanan komputasi ini secara gratis. Untuk menggunakannya pun bisa dikatakan hampir sama dengan yang ada di Google Photos. Akan tetapi, ini termasuk penawaran dari tiap smartphone.

Jika anda semuanya telah menggunakan berbagai cara tersebut dan sudah mengaktifkan auto back-up untuk aplikasi ini, maka anda tidak perlu khawatir lagi jika foto ataupun video terhapus. Karena, untuk saat ini anda semuanya bisa memanfaatkan fitur recovery yang sudah tersedia di dalam aplikasi ini.

Cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal Android memang bisa dikatakan cukup sulit untuk dilakukan. Dengan demikian, dengan menggunakan aplikasi backup, maka akan sangat membantu anda semuanya pada saat sedang merasa kebingungan mencari foto penting yang telah terhapus di Android anda.

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika smartphone banyak dipenuhi dengan foto-foto dan file lainnya. Anda harus berhati-hati dalam menyimpannya agar foto tersebut tidak hilang dengan begitu saja. Namun, jika terlanjur hilang atau dengan tidak sengaja terhapus, anda tidak perlu merasa kebingungan lagi. Sebab semuanya bisa dikembalikan menggunakan berbagai macam cara mudah.

Dengan adanya berbagai macam cara mengembalikan foto yang terhapus di memory internal Android ini, semoga anda bisa menjadi lebih terbantu dan tidak cemas lagi saat foto atau video terlanjur terhapus dan hilang dari smartphone anda.

Tinggalkan Balasan