cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering tidak berputar polytron

Pendahuluan

IndoXploit.id, Halo Selamat Datang di IndoXploit! Mesin cuci menjadi salah satu perangkat penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apa yang harus Anda lakukan ketika mesin cuci 1 tabung pengering Polytron tidak berputar? Mesin cuci yang tidak berputar bisa menjadi masalah yang menjengkelkan karena dapat menyebabkan pakaian tidak bersih dan kering dengan sempurna. Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering Polytron yang tidak berputar. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan dapat mengatasi masalah ini dengan mudah dan mengembalikan mesin cuci Anda ke kondisi normal. Yuk, simak selengkapnya!

Daftar Bahan dan Perangkat yang Diperlukan

Berikut adalah daftar bahan dan perangkat yang akan Anda butuhkan saat memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering Polytron yang tidak berputar:

  1. Tang potong
  2. Screwdriver
  3. Penguji multimeter
  4. Busa plastik
  5. Lem tembaga
  6. Kawat isolasi
  7. Oli pelumas

Langkah-langkah Memperbaiki Mesin Cuci 1 Tabung Pengering Polytron yang Tidak Berputar

Periksa Daya Listrik

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa daya listrik. Pastikan mesin cuci Anda terhubung dengan baik dan kabelnya tidak rusak. Periksa juga sambungan listrik di rumah Anda untuk memastikan tidak ada masalah kelistrikan yang sedang terjadi.

Jika kabel atau sambungan listrik bermasalah, Anda dapat mencoba menggunakan tang potong untuk memotong bagian yang rusak dan menggantinya dengan kabel baru. Jangan lupa untuk mematikan listrik sebelum memotong atau mengganti kabel.

Jika tidak ada masalah dengan daya listrik, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Periksa Motor

Setelah memastikan tidak ada masalah dengan daya listrik, langkah selanjutnya adalah memeriksa motor. Motor adalah komponen utama yang bertanggung jawab untuk menggerakkan mesin cuci. Kemungkinan besar, masalah tidak berputarnya mesin cuci disebabkan oleh motor yang rusak atau terbakar.

Anda dapat menggunakan penguji multimeter untuk memeriksa apakah motor masih berfungsi atau tidak. Hubungkan ujung pena multimeter ke pin motor dan putar sakelar mesin cuci. Jika multimeter menunjukkan 0 atau angka yang tidak berubah, kemungkinan besar motor harus diganti.

Jika motor terbukti rusak, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan Polytron untuk membeli motor pengganti. Ikuti petunjuk pemasangan yang disediakan untuk mengganti motor secara benar.

Periksa Sabuk

Jika motor masih berfungsi dengan normal, masalah tidak bergeraknya mesin cuci biasanya disebabkan oleh sabuk yang sudah aus atau putus. Sabuk berguna untuk mentransmisikan gerakan dari motor ke drum mesin cuci.

Untuk memeriksa sabuk, lepaskan tutup belakang mesin cuci. Periksa keberadaan sabuk dan pastikan tidak putus atau melorot. Jika sabuk terlihat rusak, lepaskan dengan hati-hati dan gantilah dengan sabuk pengganti yang sesuai.

Periksa Pemutus Sakelar dan Timer

Jika motor dan sabuk dalam kondisi baik, masalah tidak berputarnya mesin cuci juga dapat disebabkan oleh pemutus sakelar atau timer yang rusak. Pemutus sakelar dan timer bertugas mengontrol berbagai fungsi mesin cuci.

Jika Anda mencurigai pemutus sakelar atau timer menjadi penyebab masalah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Lepaskan daya listrik mesin cuci dengan mencabut kabel listrik dari stopkontak.
  2. Gunakan screwdriver untuk membuka panel depan mesin cuci.
  3. Perhatikan pemutus sakelar dan timer, cari tanda-tanda kerusakan atau terbakar.
  4. Jika ditemukan kerusakan, belilah pemutus sakelar atau timer pengganti yang sesuai dengan merek dan model mesin cuci Anda.
  5. Pasang pemutus sakelar atau timer baru sesuai petunjuk pemasangan yang disediakan.
  6. Tutup kembali panel depan mesin cuci dan sambungkan kembali kabel listrik.

Tips dan Peringatan

Sebelum memulai perbaikan mesin cuci, pastikan mesin cuci sudah dimatikan dan kabel listrik sudah dicabut dari stopkontak untuk menghindari kecelakaan listrik. Jika Anda tidak yakin dengan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan, lebih baik menghubungi teknisi profesional untuk memperbaiki mesin cuci Anda.

Kesimpulan

Memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering Polytron yang tidak berputar tidaklah sulit jika Anda mengikuti panduan langkah demi langkah yang telah disebutkan di atas. Pastikan untuk memeriksa daya listrik, motor, sabuk, pemutus sakelar, dan timer. Jika masih kesulitan memperbaiki mesin cuci, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan teknisi profesional. Dengan memperbaiki mesin cuci Anda sendiri, Anda dapat menghemat biaya perbaikan dan membuat mesin cuci Anda kembali berfungsi dengan normal.

Sumber: indoxploit.id

Disclaimer: Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi umum. IndoXploit tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang timbul akibat penggunaan artikel ini sebagai panduan untuk memperbaiki mesin cuci. Jika mesin cuci Anda masih dalam garansi, sebaiknya berkonsultasilah dengan pihak layanan pelanggan Polytron atau teknisi profesional.

Saran Video Seputar : cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung pengering tidak berputar polytron