Cara Memperbaiki HP Layar Putih Akibat Jatuh

Pendahuluan

IndoXploit.id – Halo Selamat Datang di IndoXploit! Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara memperbaiki HP layar putih akibat jatuh. Kejadian jatuhnya HP yang mengakibatkan layar menjadi putih umumnya terjadi karena adanya kerusakan pada LCD atau konektor dengan motherboard yang lepas akibat benturan. Nah, bagi Anda yang mengalami masalah serupa, jangan khawatir karena kami akan memberikan beberapa metode perbaikan yang dapat Anda coba di rumah.

Penyebab Layar HP Menjadi Putih setelah Jatuh

Sebelum menjelaskan cara mengatasinya, penting untuk memahami penyebab mengapa layar HP bisa menjadi putih setelah mengalami benturan jatuh. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini:

  1. Kerusakan pada LCD
  2. Ketika HP jatuh, terdapat kemungkinan LCD mengalami kerusakan atau bahkan pecah. Hal ini dapat menyebabkan layar menjadi putih dan tidak bisa menampilkan gambar.

  3. Konektor yang Lepas
  4. Jika HP terjatuh dengan cukup keras, konektor antara layar dan motherboard bisa lepas. Koneksi yang tidak stabil dapat mengakibatkan layar menjadi putih.

  5. Kerusakan pada Komponen Internal
  6. Benturan yang cukup kuat saat HP terjatuh bisa menyebabkan beberapa komponen internal rusak. Salah satu akibatnya adalah layar yang berubah menjadi putih.

Cara Memperbaiki HP Layar Putih Akibat Jatuh

Pertama: Restart HP

Metode pertama yang bisa Anda coba adalah dengan merestart HP secara paksa. Biasanya, dalam kasus kecil, masalah ini bisa diatasi dengan cara tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Tekan tombol power pada HP dan tahan selama beberapa detik hingga HP mati.
  2. Tunggu beberapa detik, kemudian tekan tombol power lagi untuk menghidupkan HP.
  3. Jika layar berhasil menyala dengan normal, maka masalah sudah teratasi.

Jika setelah restart HP layar masih tetap putih, Anda dapat mencoba metode berikutnya.

Kedua: Cek Koneksi LCD

Jika restart HP tidak berhasil memperbaiki layar yang putih setelah jatuh, langkah selanjutnya adalah memeriksa koneksi LCD dengan motherboard. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka tutup belakang HP dan lepaskan baterai.
  2. Buka bagian casing HP agar akses ke motherboard dan koneksi LCD tersedia.
  3. Periksa apakah koneksi antara LCD dan motherboard longgar atau rusak.
  4. Jika ditemukan koneksi yang longgar, perbaiki dengan menghubungkannya kembali.
  5. Jika kabel koneksi rusak, Anda dapat menggantinya dengan kabel yang baru.
  6. Setelah melakukan pemeriksaan dan perbaikan, pasang kembali baterai dan tutup belakang HP.
  7. Nyalakan HP untuk melihat apakah layar putih sudah dapat berfungsi normal.

Apabila setelah memeriksa koneksi LCD layar HP masih tetap putih, kemungkinan kerusakan ada pada komponen internal HP. Anda dapat mencoba langkah berikutnya.

Ketiga: Bongkar HP dan Periksa Komponen Internal

Jika Anda merasa cukup berani dan memahami cara bongkar pasang HP, langkah selanjutnya adalah memeriksa komponen internal yang mungkin rusak. Namun, perlu diingat bahwa tindakan ini dapat mengakibatkan garansi HP Anda menjadi tidak berlaku. Untuk itu, pastikan Anda melakukan langkah-langkah berikut dengan hati-hati:

  1. Buka tutup belakang HP dan lepaskan baterai.
  2. Buka bagian casing HP agar akses ke komponen internal tersedia.
  3. Periksa apakah terdapat kerusakan pada komponen, terutama yang berhubungan langsung dengan layar dan tampilan HP.
  4. Jika ada komponen yang rusak, Anda dapat mencoba untuk menggantinya.
  5. Pasang kembali semua komponen dengan hati-hati dan rapat.
  6. Nyalakan HP dan lihat apakah layar putih sudah normal kembali.

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil memperbaiki layar putih pada HP Anda, kami sarankan untuk membawa HP ke pusat layanan resmi. Hal ini penting agar kerusakan dapat diatasi oleh teknisi yang berpengalaman.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas mengenai cara memperbaiki HP layar putih akibat jatuh. Terdapat beberapa langkah yang dapat Anda coba, mulai dari merestart HP, memeriksa koneksi LCD, hingga memeriksa komponen internal. Namun, perlu diingat bahwa melakukan perbaikan sendiri dapat membatalkan garansi HP Anda, sehingga bijaklah dalam mengambil keputusan. Jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengetahuan yang cukup, sebaiknya bawa HP Anda ke pusat layanan resmi untuk diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

Disclaimer

Artikel ini dibuat untuk tujuan informasi dan tidak bertujuan untuk menjadi nasihat teknis profesional. Segala tindakan yang Anda lakukan atas dasar informasi yang diberikan dalam artikel ini adalah tanggung jawab Anda sendiri. IndoXploit.id tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kehilangan yang disebabkan oleh tindakan yang Anda ambil setelah membaca artikel ini.

Saran Video Seputar : Cara Memperbaiki HP Layar Putih Akibat Jatuh