Cara Memperbaiki Flashdisk RAW dengan CMD

Pendahuluan

IndoXploit.id – Halo Selamat Datang di IndoXploit! Flashdisk adalah salah satu perangkat penyimpanan eksternal yang sering digunakan untuk menyimpan dan mentransfer data. Namun, terkadang flashdisk dapat mengalami masalah, salah satunya adalah ketika flashdisk berubah menjadi “RAW” dan tidak dapat diakses. Jika Anda mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir karena Anda dapat memperbaikinya menggunakan Command Prompt atau CMD. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah lengkap tentang cara memperbaiki flashdisk RAW menggunakan CMD.

Pengantar

Sebelum kita memulai tutorial ini, ada baiknya kita memahami apa itu flashdisk RAW dan apa penyebabnya. Flashdisk menjadi “RAW” ketika sistem file di dalamnya rusak atau terformat. Hal ini bisa terjadi karena beberapa alasan, seperti virus, pemutusan listrik yang tiba-tiba, atau proses penyalinan file yang tidak berhasil. Ketika flashdisk menjadi RAW, Anda tidak dapat mengakses data di dalamnya dan akan muncul pesan error saat Anda mencoba membukanya.

Oleh karena itu, melakukan perbaikan pada flashdisk RAW menjadi penting untuk mendapatkan akses kembali ke data yang ada di dalamnya. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah dengan menggunakan CMD. CMD adalah sebuah aplikasi baris perintah atau command line yang ada pada sistem operasi Windows. Dengan menggunakan CMD, Anda dapat melakukan berbagai perintah untuk mengatasi masalah pada sistem operasi, termasuk memperbaiki flashdisk RAW.

Langkah-langkah Memperbaiki Flashdisk RAW dengan CMD

Langkah 1: Buka Command Prompt

Langkah pertama adalah membuka Command Prompt. Anda dapat melakukannya dengan mengetik “CMD” di kotak pencarian Windows dan memilih aplikasi “Command Prompt”. Command Prompt akan terbuka dalam sebuah jendela CMD.

Langkah 2: Ketik Perintah Diskpart

Setelah Command Prompt terbuka, ketik perintah “diskpart” dan tekan Enter. Perintah ini akan membuka utilitas Diskpart yang dapat Anda gunakan untuk mengatur dan memformat disk, termasuk flashdisk Anda.

Langkah 3: Tampilkan Daftar Disk

Setelah masuk ke utilitas Diskpart, ketik perintah “list disk” dan tekan Enter. Perintah ini akan menampilkan daftar disk yang terhubung ke komputer, termasuk flashdisk Anda. Catat nomor disk yang sesuai dengan flashdisk Anda untuk digunakan pada langkah berikutnya.

Langkah 4: Pilih Disk yang akan Diperbaiki

Setelah mengetahui nomor disk flashdisk Anda, ketik perintah “select disk [nomor disk]” dan tekan Enter. Gantilah [nomor disk] dengan nomor disk yang sesuai dengan flashdisk Anda. Misalnya, jika nomor disk flashdisk Anda adalah 1, maka perintah yang harus Anda ketik adalah “select disk 1”.

Langkah 5: Bersihkan Disk

Setelah memilih disk yang akan diperbaiki, ketik perintah “clean” dan tekan Enter. Perintah ini akan membersihkan flashdisk dari partisi dan data yang ada di dalamnya. Harap perhatikan bahwa langkah ini akan menghapus semua data di dalam flashdisk, jadi pastikan Anda telah membackup data yang penting sebelum melanjutkan.

Langkah 6: Buat Partisi Baru

Setelah disk bersih, Anda perlu membuat partisi baru di dalamnya. Untuk melakukannya, ketik perintah “create partition primary” dan tekan Enter. Perintah ini akan membuat partisi baru dengan format primary di dalam flashdisk.

Langkah 7: Format Partisi

Setelah partisi baru dibuat, Anda perlu memformatnya agar dapat digunakan kembali. Ketik perintah “format fs=fat32 quick” dan tekan Enter. Perintah ini akan memformat partisi baru dengan format FAT32 secara cepat.

Langkah 8: Selesai

Setelah proses format selesai, flashdisk RAW Anda sekarang telah diperbaiki dan dapat digunakan kembali. Anda dapat menutup Command Prompt dan mencoba mengakses flashdisk untuk memastikan bahwa masalah telah teratasi.

Kesimpulan

Memperbaiki flashdisk RAW dengan CMD adalah salah satu cara yang efektif untuk mengatasi masalah flashdisk yang tidak dapat diakses. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mengembalikan flashdisk Anda menjadi berfungsi normal dan mendapatkan akses kembali ke data yang ada di dalamnya. Namun, perlu diingat bahwa proses ini akan menghapus semua data di dalam flashdisk, jadi pastikan Anda telah membackup data yang penting sebelum melanjutkan.

Demikianlah tutorial tentang cara memperbaiki flashdisk RAW dengan CMD. Semoga tutorial ini dapat membantu Anda dalam memperbaiki flashdisk yang tidak dapat diakses dan memberikan solusi yang efektif. Terima kasih telah mengunjungi IndoXploit.id, situs yang selalu memberikan informasi dan tutorial terbaru seputar teknologi. Sampai jumpa pada tutorial selanjutnya!

Kata Penutup

IndoXploit.id – Halo pembaca setia IndoXploit! Pada artikel kali ini, kami telah menjelaskan langkah-langkah lengkap tentang cara memperbaiki flashdisk RAW menggunakan CMD. Dengan mengikuti tutorial ini, Anda dapat memperbaiki flashdisk yang rusak dan mendapatkan akses kembali ke data yang ada di dalamnya.

Perlu diingat bahwa saat memperbaiki flashdisk RAW dengan CMD, semua data di dalam flashdisk akan terhapus. Oleh karena itu, pastikan Anda telah membackup data yang penting sebelum memulai proses perbaikan. Selain itu, pastikan Anda telah mengikuti setiap langkah dengan cermat dan hati-hati untuk mencegah kesalahan yang dapat memperburuk masalah flashdisk Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan menjadi pembaca setia IndoXploit! Kami akan terus menyediakan informasi dan tutorial terbaru seputar teknologi untuk Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah. Tetaplah terhubung dengan IndoXploit untuk mendapatkan berbagai informasi menarik lainnya. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

Saran Video Seputar : Cara Memperbaiki Flashdisk RAW dengan CMD