Menu Tutup

Cara Instal Driver Wifi di Windows Xp. 7. 8 dan 10

cara instal driver wifi

Halo gais, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara instal driver WiFi di laptop ataupun pc. Salah satu komponen laptop atau komputer yang sangat penting adalah driver. Adanya driver pengguna dapat mengetahui perangkat komputer lain yang terhubung dengan komputer. Jika komponen driver ini tidak ada dalam komputer atau laptop maka komputer tidak akan bisa menjalankan fungsi hardwarenya.

Driver dalam sebuah komputer memiliki fungsi yang sangat penting untuk menunjang kinerja dari laptop ataupun komputer. Biasanya jika kita membeli laptop yang baru sudah disediakan CD untuk menginstal driver sehingga sangat memudahkan kita dan tidak perlu pusing.

Tapi bagaimana jika tidak diesiakan Cdnya?
Maka dari itu laptop perlu di instal komponen hardware dan harus terus di lakukan update agar komponen tersebut dapat berjalan. Komponen hardware yang sering di instal juga akan membuat laptop atau komputer berjalan dengan baik sehingga tidak akan sering terjadi error sistem.

Kita perlu mencari referensi kira-kira driver yang cocok di instal di laptop atau komputer kita yang mana. Sebab jika kita hanya coba-coba atau tidak mengetahui driver yang cocok akan mempengaruhi kinerja laptop atau komputer ke depannya. Untuk itu kita harus bijak dalam memilih driver yang sesuai.

Berikut ini cara instal driver wifi windows XP, 7, 8, dan 10

cara instal driver wifi

1. Instal Driver WiFi di Windows XP

  1. Setiap windows pasti memiliki versi yang berbeda begitu juga dengan cara menginstal driver wifinya. Nah, untuk menginstal driver wifi pada windows XP langkh pertama yang dilakukan adalah buka menu start kemudian pilih control panel.
  2. Kemudian kita pilih system dan klik tab hardware dan pilih device manager.
  3. Setelah itu kita pilih mana drive yang akan kita update.
  4. Cara mengupdatenya dengan klik kanan drive kemudian pilih properties lalu klik update driver.
  5. Langkah ini mungkin tidak akan ditemukan pada windows 7 maupun 8 yaitu setalah kita sudah klik update driver akan muncul driver wzard kemudian kita pilih No, not this time.
  6. Kemudian langkah selanjutnya kita pilih instal forum a list or spesific location atau advanced lalu kilk next.
  7. Selanjutnya pilih don’t search, karena kita akan memilih driver mana yang akan di pilih untuk diupdate. Setelah kita sudah memilihnya lalu kita kilk next.
  8. Lalu kita buka folder drive yang sudah dipilh yang berformat .inf lalu klik open kemudian klik oke.
  9. Setelah itu akan muncul pemberitahuan bahwa driver tersebut di dukung atau tidak. Untuk langkah selanjutnya sampai dengan selesai tinggal ikuti instruksi kemudian jika sudah selesai klik finish.
BACA JUGA  X Attacker Tool Website Vulnerability Scanner & Auto Exploiter

2. Instal Driver WiFi di Windows 7

  1. Langkah-langkah yang kita lakukan adalah pertama klik start kemudian klik kanan komputer dan pilih propertis.
  2. Kemudian pilih device manager lalu klik atau pilih drive yang akan di update, setelah itu klik kanan lalu pilih update.
  3. Setelah itu kita pilih search automatically for update driver sofware, saat kita sudah melakukan langkah tersebut maka secara otomatis laprtop akan mendownload driver.
  4. Setelah langkah tersebut berhasil dilakukan kita close dan restrat PC. Jika anda ingin melakukan pengecekan klik kanan pada driver kemudian pilih properties driver. Pada properties driver akan muncul versi driver yang terbaru.

3. Instal Driver WiFi di Windows 8

  1. Ada beberapa langkah yang kita lakukan untuk instal driver paa windows 8, yang pertama kita buka control panel.
  2. Setelah masuk di control panel pilih hardware dan sound, maka akan muncul beberapa pilihan kita pilih device manager.
  3. Kemudian kita piih driver mana yang akan di update, baru setelah itu masuk ke properties lalu pilih driver. Setelah pilih drivernya klik kanan lalu klik update driver.
  4. Hampir sama dengan cara menginstal windows 7 langkah setelah ini yaitu klik search automatically for update driver sofware.
  5. Langkah selanjutnya kita tinggal mengikuti instruksi yang di tampilkan. Jika sudah ada peringatan bahwa driver sudah terupdate maka close program dan jika anda ingin restrart juga lebih baik.
BACA JUGA  Cara Upload File ke GitHub (Project Code)

4. Instal Driver WiFi di Windows 10

  1. Untuk windows 10 sebenarnya hampir sama dengan windows 8. Langkah-langkah yang harus kita lakukan yang pertama adalah buka my properties dengan cara klik kanan lalu klik my computer.
  2. Setelah itu klik device manager dan klik kanan pada driver yang ingin kita update.
  3. Jika yang muncul hanya ada salah satu tanda saja juga ada kemungkinan kalau driver tersebut belum terinstal atau informasi yang ada di alptop atau komputer hanya sedikit.
  4. Kemudian akan muncul pemberitahuan bahwa driver sudah terupdate. Anda juga bisa mengeceknya dengan cara yang sama yang dijelaskan sebelumnya.
  5. Jangan lupa untuk restrart windows.
    Terkadang ada juga windows yang menginstal driver menggunakan serial number. Kita tahu merek laptop maupun komputer tidak hanya satu macam untuk itu kita perlu tahu bagaimana cara mengidentifikasinya yaitu dengan cara mencari tahu merek laptop atau komputer kemudian cari serial numbernya.

Jika kita sudah memilih driver namun tidak sesuai jangan khawatir anda bisa meng un-instal driver dan memilih driver yang sesuai. Sebenarnya jika driver yang kita instal tidak sesuai dengan versi laptop baisanya akan ada peringatan sebelum proses instal selesai, untuk itu penting untuk fokus dan cermat.

BACA JUGA  4 Tanda Komputer yang Terinfeksi Malware

Saran:

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan ulang setelah driver berhasil di instal di device manager. Yang wajib anda instal pertama kali dan sangat penting adalah display river untuk gambar dan audio driver untuk suara. Jika kedua driver tersebut sudah terinstal baru driver yang lain.

Berikut merupakan bagaimana cara menginstal driver wifi pada windows XP, 7, 8, 10 dengan laptop ASUS. Setiap laptop pasti memiliki daya penyimpanan yang berbeda-beda terutama untuk instal windows juga berbeda-beda. Yang harus kita ingat adalah bahwa setiap windows memiliki versi yang berbeda-beda.

Biasanya ada loh link-link yang khusus untuk membahas bagaimana cara menginstal driver wifi pada masing-masing windows. Anda bisa mencarinya di internet karena kemajuan teknologi sekarang ini sangat membuat kita semua lebih mudah untuk menyelesaikan permasalahan yang sedang kita hadapi terutma terkait dengan komputer atau laptop.

Jika komponen driver yang ada di laptop sudah di instal dan sering di update maka komputer akan terhindar dari problem-problem yang membuat rusak laptop ataupun yang membuat kinerja laptop menjadi menurun. Dan jika driver utama sudah terinstal maka lengkapilah dengan sofware yang lain.

Jika driver sudah terinstal dan sudah dilengkapi dengan sofware pendukung lainnya jangan lupa untuk selalu melakukan update sofware sehingga sofware tetap bisa berjalan dengan baik. Karena jika sofware yang tidak pernah di update akan membuat kinerja laptop atau komputer menjadi menurun. Sekian, terimakasih. Semoga bermanfaat.

Itulah beberapa tutorials cara instal driver WiFi di beberapa Windows yang mungkin bisa kamu gunakan di laptop ataupun Pc kamu, terimakasih.

Tinggalkan Balasan