Menu Tutup

Cara Memperbaiki HP Yang Mentok Di Logo Bootloop

HALO gais, disini kita akan memebahas tentang cara memperbaiki hp yang mentok di logo, atau dalam bahasa kerennya yaitu bootloop.

Setiap handphone pasti ada masalahnya sendiri-sendiri dan beda merek biasanya berbeda pula masalahnya. Salah satu masalah yang sering ada di setiap handphone adalah hp yang mentok pada logo. Pernahkah anda mengalaminya ? apakah yang harus anda lakukan, apakah anda harus langsung memperbaikinya ke reparasi handphone ?

HP yang mentok pada logo atau Bootloop merupakan kendala yang dialami oleh handphone karena gagalanya update firmware ataupun crash aplikasi. Gangguan ini juga terdiri dari tiga macam yaitu light bootloop, medium bootloop dan hard bootloop. Masing-masing jenisnya memiliki tingkat kerusakan yang berbeda-beda.

Macam-macam Bootloop

Jenis light bootloop ciri-cirinya adalah terjadinya proses booting yang mendadak dan akan berdampak pada black screen selama beberapa saat. Hal ini biasanya terjadi karena pemakainan normal yang disebabkan oleh kesalahan instal aplikasi, bermain game ataupun sistem yang ada masalah.

Jenis yang kedua adalah medium bootloop, jenis ini terjadi karena pengguna handphone ingin mengubah sistem yang ada di dalam handphone. Biasanya cara yang digunakan untuk mengatasi jenis ini adalah menggunakan recovery mode. Jika anda tidak melakukan secara hati-hati maka proses booting akan terus terjadi selama berulang-ulang.

Kemudian jenis yang ketiga adalah hard booting, jenis ini termasuk jenis yang sulit untuk diobati karena bootloop yang terjadi cukup parah. Penyebabnya biasanya karena pengguna handphone ingin melakukan upgrade sistem namun tidak berhasil dan akan berpengaruh pada proses booting.

Apa penyebab masalah tersebut ? ya beberapa penyebabnya adalah karena memori yang terlalu penuh, android terkena virus, sistem crack yang terkena flash, overload, batre yang panas ataupun karena modifikasi sistem.

BACA JUGA  WiFi Bruteforcer - Aplikasi Hack Passwords WiFi (No Root) Android

Penyebab Hp Bootloop

Sebelum kita membahas bagaimana cara memperbaikinya kita akan bahas lebih detail hal penyebabnya. Yang pertama adalah aplikasi yang sudah penuh, penting bagi anda mengetahui kapasitas maupun spek hardware. Jika aplikasi yang ada terlalu berat tidak sesuai dengan kapasitasnya akan menurunkan kinerja sistem android.

Peneybab yang kedua masih berkaitan dengan penyebab pertama aplikasi yang penuh akan berdampak pada RAM dan memori internal HP. RAM bisa saja tidak dapat mengatasi multi tasking yang diinginkan sehingga akan menyebabkan pengguna handphone froce close program.

Ketiga adanya kerusakan pada komponen biasanya karena di setiap komponen terdapat komponen kecil sehingga tidak berfungsi atau rusak. Yang keempat adalah HP yang gagal root. Proses root sendiri merupakan proses yang digunakan menggunakan instal aplikasi dan bisa merusak sistem.

Jangan khawatir, kuncinya adalah tenang kemudian pikirkan bahwa sekarang ini teknologi sudah sangat berkembang dan semakin maju. Semua informasi bisa kita cari di internet, apapun yang anda butuhkan. Untuk itu, yuk simak berikut ini.

Cara memperbaiki HP yang mentok di logo atau bootlop

Ada beberapa cara yang digunakan untuk mengatasi HP yang mentok di logo atau bootlop yang pastinya setiap cara mudah untuk dilakukan walaupun bagi pemula. Sudah tidak sabar kan pastinya bagaimana caranya ? yuk simak berikut ini.

1. Menggunakan Factory Reset

Cara yang pertama ini akan memiliki resiko yang tinggi yaitu kehilangan data yang ada di dalam handphone. Karena cara ini akan menghapus seluruh file (aplikasi yang merupakan bukan standard pabrik). Cara yang dilakukan adalah :

  • Hal yang harus anda lakukan pertama kali adalah matikan handphone.
  • Setelah beberapa menit nyalakan handphone kembali tekan tombol kombinasi power + home + volume up. Jika ada masalah coba cek masuk recovery mode handpone anda.Cara Memperbaiki HP bootloop
  • Setelah anda berhasil masuk kemudian gunakan tombol volume up, volume down sebagai navigasi dan juga tombol power untuk memilih.Cara Memperbaiki HP Yang Mentok Di Logo
  • Selanjutnya klik cache wipe data atau factory reset. Kemudian ikuti langkah-langkahnya sampai dengan selesai.Cara Memperbaiki HP Yang Mentok Di Logo
  • Langkah terakhir adalah Reboot, proses ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika berhasil maka handphone anda akan meminta untuk melakukan konfigurasi dasar. Ikuti instruksinya sampai dengan selesai.Cara Memperbaiki HP Yang Mentok Di LogoCara Memperbaiki HP Yang Mentok Di LogoCara Memperbaiki HP Yang Mentok Di LogoCara Memperbaiki HP Yang Mentok Di Logo
BACA JUGA  Download script phising IG ini cara membuat link phising instagram

2. Menggunakan PC

Kalau solusi yang pertama mungkin cukup mudah dilakukan, kalau solusi yang kedua ini mungkin agak sedikit ribet. Yaitu dengan cara flash ulang, hampir semua cara untuk memperbaiki hp yang bootlop pasti memiliki resiko yang tinggi. Sama halnya dengan cara yang berikut ini.

Karena kebanyakan penyebab dari handphone yang bootlop adalah aplikasi yang ada di dalam handphone yang terlalu banyak maka untuk cara memperbaikinyapun akan berpengruh pada aplikasi yang ada di dalam handphone. Caranya adalah :

  • Pertama anda harus mendownload atau menginstal aplikasi ODIN sebagai alat bantu untuk flash ulang handphone. Pilih sesuai fersi hp kamu yah. Setelah itu anda juga harus mendownload aplikasi USB driver.
  • Setelah semua aplikasi yang dibutuhkan sudah di instal maka akan dilanjutkan ke tahap flash ulang. Diawali dengan menggunakan aplikasi USB driver yang sudah di isntal.
  • Ikuti langkah-langkah yang ada di USB driver dan jika sudah selesai matikan handphone dan setelah beberapa saat nyalakan kembali.
  • Jika muncul warning silahkan anda tekan tombol volume up maka akan langsung mengarah ke mode download.
  • Selanjutnya masuk ke aplikasi ODIN yang sudah di instal dan pilih menu Apdi odin kemudian klik frimware yang sudah ada pada download dan extrack.
  • Kemudian klik start dan tunggu sampai proses falsh ulang selesai, jika proses ini berhasil maka akan muncul notofikasi. Jangan lupa untuk restrat handphone dan lakukan konfigurasi dasar hingga andphone berhasil seperti semula.
BACA JUGA  AhMyth Android RAT - Android Remote Administration Tool

3. Menghapus Cache Sistem

Sistem cache merupakan cara yang paling mudah dan biasa digunakan oleh hampir sebagin masyarakat. Bagaimana cara membersihkannya? yuk simak berikut ini.

  • Tekan tombol power dibarengi dengan volume down, kemudian akan muncul tampilan logo pada layar handphone.
  • Lepaskan tombol yang tadi di tekan dan akan muncul recovery mode, caranya pilih advanced kemudian pilih wipe dan dalvik cache.
  • Selanjutnya pilih mounts dan storage dan pilih cache. Kemudian pilih selesai. Jika proses ini gagal anda bisa mencobanya dengan cara yang lain.

Biasanya berbeda merek handphone akan ada perangkat tambahan yang digunakan untuk membantu mempernbaiki permasalahan ini. Untuk itu, penting bagi anda mencari tahu apakah aplikasi pelengkap yang mungkin dibutuhkan sesuai dengan merek handphone anda sehingga proses perbaikan akan lancar.

Ciri Ciri Hp Bootloop

Adapun ciri-ciri handphone yang mengalami bootloop adalah pada saat handphone dinyalakan, handphone akan mengalami booting terus menerus tanpa henti dan akan berhenti pada tampilan logo handphone. Penting bagi kita untuk menjaga handphone dan juga sistem yang ada di dalamnya.

Berikut tiga cara memperbaiki Hp bootloop, semoga bisa membantu teman-teman yang sedang mengalami masalah ini. Masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk emgatasi permasalahan ini. semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan