Menu Tutup

Bitcoin – Bagaimana cara kerjanya?

Proses membuat atau mencetak bitcoin sulit diretas dan ini memberikan keamanan bagi bitcoin. Lapisan keamanan lainnya adalah ketentuan bahwa setiap transaksi harus diverifikasi sebelum divalidasi.

Validasi ini dilakukan melalui “penambangan”. Penambangan adalah proses di mana beberapa komputasi tingkat tinggi seperti dekode SHA256 dilakukan untuk memverifikasi transfer bitcoin.

Bitcoin disimpan dalam “dompet digital”, yang ada di komputer pengguna atau di cloud. Dompet adalah jenis rekening bank virtual yang memfasilitasi pengguna untuk mengirim atau menerima bitcoin, membayar barang dan jasa, atau menyimpan uang mereka.

Bagaimana cara kerja transaksi bitcoin?

Setiap akun bitcoin terdiri dari kunci publik yang berfungsi seperti alamat bitcoin dan kunci pribadi. Siapa pun dapat mengirimi Anda bitcoin jika ia mengetahui kunci publik Anda. Untuk menghabiskan bitcoin, Anda harus menggunakan kunci pribadi Anda untuk otentikasi. Setiap transaksi bitcoin muncul di jaringan bitcoin. Para penambang mengkonfirmasi transaksi setelah verifikasi untuk memvalidasinya.

Alamat

Contoh dari alamat bitcoin adalah sebagai berikut –

73nRKoXJAUqKYYbzw6Nrqh9gW2p26zerpZ
Ada 2 160 atau sekitar 10 48 kemungkinan alamat.

Kunci pribadi yang sesuai seperti yang diberikan di bawah ini –

5HuEupY3DNF87UypjFtXDTm4BVuAwZtAgYf94sMALPyakgafVnU
Kunci pribadi berukuran 256-bit. Ada sekitar 10 77 kemungkinan kunci pribadi.

Bagaimana cara mengirim bitcoin?

Pada bagian sebelumnya kita telah melihat bagaimana transaksi bitcoin bekerja. Sekarang, kita akan membahas cara mengirim bitcoin.

BACA JUGA  Tips Untuk Membuat Iklan Pop Up Tanpa Mengganggu Viewer Anda

Untuk membeli beberapa barang dagangan atau membayar beberapa layanan, Anda harus mengirim bitcoin ke alamat vendor. Untuk menerima bitcoin, Anda harus membagikan alamat Anda dengan vendor.

Berikut ini adalah proses pengiriman bitcoin kepada seseorang –

  • Salin alamat vendor dan buka dompet bitcoin Anda.
  • Klik pada tab “Kirim koin” dan masukkan alamat di bidang ‘Bayar ke’ yang ingin Anda kirimi bitcoin.
  • Jika Anda harus mengirim bitcoin ke orang atau grup yang sama beberapa kali, Anda dapat membuat label untuk menemukannya di buku alamat.
  • Masukkan jumlah di bidang selanjutnya dan klik kirim untuk menyelesaikan operasi.

cara kerja bitcoin

Konfirmasi

Dalam proses penambangan, semua transaksi dikumpulkan dalam wadah yang disebut blok. Blok baru dibuat setiap 10 menit. Dalam hal pembayaran kecil atau transaksi dengan rekan yang tepercaya, konfirmasi mungkin tidak diperlukan. Namun, untuk transaksi besar yang dianggap aman, normanya adalah 6 konfirmasi.

BACA JUGA  Terima, Kirim Bitcoin Menggunakan WhatsApp

Anonimitas transaksi Bitcoin

Tingkat anonimitas dapat disesuaikan tergantung pada kebutuhan. Setiap transaksi dari satu alamat ke alamat lain bersifat publik. Analisis transaksi melalui alamat atau kunci publik yang catatan publik disebut analisis lalu lintas. Semakin besar transfer, semakin mudah analisis lalu lintas.

Untuk meningkatkan anonimitas, layanan pencampuran digunakan. Juga disarankan untuk membuat kunci publik baru atau alamat baru untuk setiap transaksi untuk meningkatkan keamanan dan anonimitas. Dari sudut pandang pengguna, Bitcoin tidak lain adalah aplikasi seluler atau perangkat lunak yang menyediakan dompet Bitcoin pribadi yang memungkinkan pengguna mengirim dan menerima bitcoin. Namun, di backend, jaringan Bitcoin berbagi buku besar publik yang disebut “rantai blok”. Buku besar ini membawa catatan setiap transaksi yang pernah diproses yang memungkinkan sistem pengguna untuk memverifikasi validitas setiap transaksi.

BACA JUGA  Cara Menghasilkan Uang Secara online

Perlunya konsensus untuk kompatibilitas

Untuk menjaga kompatibilitas satu sama lain, semua pengguna Bitcoin harus menggunakan perangkat lunak mengikuti aturan yang sama. Bitcoin hanya dapat bekerja dengan benar selama ada konsensus lengkap di antara semua pengguna. Dengan demikian, sangat penting bahwa semua pengguna dan pengembang memelihara dan melindungi konsensus ini.

Mengamankan blockchain

Bitcoin tidak disimpan di komputer Anda kecuali jika Anda menghosting node di jaringan. Anda membawa klon dari buku besar yang aman karena setiap blok hash sebelum ditambahkan ke rantai. Ini berarti, bahkan mengubah sedikit pun data apa pun pada blok sebelumnya mengubah hash dari buku besar yang menandainya sebagai palsu.

Fungsi hash adalah fungsi ireversibel yang digunakan secara luas dalam kriptografi; output dari fungsi ini lebih pendek dari input. Validasi transaksi bitcoin hanyalah proses cepat memeriksa kunci seperti menemukan apakah pengirim memiliki kunci pribadi yang dapat membuka kunci catatan apa pun di buku besar / blockchain.

Tinggalkan Balasan