Menu Tutup

Bagaimana Cara Membuat Laporan Bug yang Baik?

Laporan bug yang baik dapat membantu pengembang dalam memecahkan masalah dengan cepat. Laporan Bug adalah bagian dari dokumentasi yang berisi informasi terperinci tentang berbagai cacat yang memerlukan penanganan segera.

Penguji perangkat lunak harus memastikan untuk membuat laporan pengujian dengan benar; jika tidak, maka kemungkinan pengembang tidak akan dapat memahami dan mengidentifikasi penyebab masalah. Membuat laporan yang tidak jelas biasanya terjadi karena kurangnya pemahaman umum tentang masalah yang dihadapi; khususnya, ketika tester tidak mengetahui informasi apa pun yang sebenarnya bisa membantu pengembang dalam memperbaiki masalah. Di artikel berikut, kami akan memberikan panduan yang mudah dipahami untuk melaporkan bug:

Template Laporan Bug yang Baik

1. Judul

Jelaskan masalah secara ringkas dan jelas. Salah satu contoh penulisan judul yang baik adalah “Kesalahan muncul ketika menambahkan produk ke daftar favorit.”

BACA JUGA  Instagram Private Tools x toolsig v2.2 Update on 2020

Mengatasi masalah yang tidak spesifik secara samar dapat mempersulit pembaca Anda untuk memahami apa yang Anda bicarakan. Contoh judul yang buruk adalah “Kesalahan halaman arahan”. Laporan seperti ini tidak membantu pengembang dengan cepat memahami masalah yang Anda coba jelaskan. “Kesalahan halaman arahan” tidak menjelaskan properti jenis masalah apa masalahnya; Apakah halaman arahan tidak dapat diakses? Apakah tata letak halaman arahan rusak? Dll

2. Steps to reproduce

Jelaskan langkah-langkah yang Anda ambil untuk menemukan bug. Di sini, Anda dapat membuat daftar langkah demi langkah yang dapat dijalankan untuk mengetahui di mana bug dilaporkan:

  1. Buka examplewebsite.com
  2. Cari iPhone 11 Pro
  3. Pilih produk
  4. Tekan tombol “tambahkan ke favorit”
BACA JUGA  Cara hack Facebook terbaru (Hack akun fb target)

3. Hasil aktual dan perilaku yang diharapkan

Hasil sebenarnya dari laporan bug harus dapat menjelaskan apa yang akan muncul atau terjadi setelah mereproduksi langkah-langkah tersebut. Sementara itu, perilaku yang diharapkan akan dapat menjelaskan apa yang harus terjadi ketika pengguna melakukan langkah-langkah ini.

Contoh:

  • Sebenarnya: Pesan “Kesalahan” muncul di layar dan produk tidak masuk ke daftar favorit.
  • Diharapkan: Pesan “berhasil ditambahkan ke daftar Anda” muncul di layar dan pengguna dapat menemukan produk yang sebelumnya telah ditambahkan ke daftar favorit.

4. Perekaman Layar atau Screenshot

Rekaman layar dan tangkapan layar dapat menghemat banyak waktu untuk tim pengembangan, membantu mereka memahami secara spesifik bug yang dilaporkan. Dalam hal ini, pengembang tidak akan dapat mengembalikan bug, karena bug tidak dapat direproduksi.

BACA JUGA  Facebook Password Recovery Software Decryptor v5.5

5. Sistem Informasi

Detail sistem informasi untuk laporan bug yang baik:

  • Sistem Operasi (Versi yang digunakan)
  • Browser (Versi yang digunakan)
  • Perangkat: Desktop / Tablet / Ponsel

6. Dampak

Anda dapat menjelaskan dampak bug yang diidentifikasi jika Anda tahu berapa banyak pengguna yang telah terpengaruh atau kisaran kerusakan yang disebabkannya. Ini dilakukan untuk mengidentifikasi tingkat prioritas bug. Tingkat kepatutan bug dapat dikategorikan sebagai rendah, sedang, besar atau kritis.

Tinggalkan Balasan